Upacara HUT RI Perdana di Nagori Baliju, Warga ; Era Kepemimpinan Pangulu Baliju Joen Andilo Manurung S,M Akan Menjadi Sejarah di Nagori Baliju



Simalungun, Radar24Jam

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama kali dilaksanakan dilapangan SD Negeri 091559 banua Huta I Banua Nagori Baliju Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun,Sabtu (17/08/2024) akan menjadi sejarah bagi masyarakat Baliju. 



Sebagai pangulu termuda se-Kabupaten Simalungun, dimana pada saat dilantiknya Joen Andilo Manurung sebagai pangulu masih berumur 26tahun, namun beliau mampu berperan aktif dalam penyebarluasan informasi seputar perkembangan pembangunan nagori Baliju, termasuk kesiapan peringatan HUT RI ke-79 yang pertama sekali dilaksanakan di nagori tersebut. Joen Andilo Manurung terus berkomitmen dalam mengamplifikasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia.



“Kami berharap dapat terus membangun sinergi dan kolaborasi antar warga dengan pemerintahan ataupun perangkat nagori. Juga  terus memberikan informasi yang akurat kepada warga Baliju. Sehingga mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kesiapan pemerintahan nagori dalam menggelar peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di nagori Baliju ini,” ucap Joen Andilo Manurung. 



Seperti yang direncanakan sebelumnya, berhubung Joen Andilo Manurung mengikuti upacara HUT RI tingkat kecamatan di lapangan rentis 7 Balimbingan maka yang menjadi pembina upacara pada tanggal 17 Agustus 2024 diwakilkan oleh ketua maujana Edward Sitio di nagori tersebut dan upacara HUT RI ke-79 berjalan dengan lancar hingga selesai.



Selesai upacara, pemerintahan nagori Baliju mengadakan acara hiburan seperti lomba panjat pinang, tarik tambang, joget balon lansia, lari goni, lari guli, memasukkan paku dalam botol, makan kerupuk, futsal pakai daster, gendong istri, mewarnai dan saat perlombaan sedang berlangsung tampak antusias dengan penuh semangat para peserta dalam memperebutkan juara dibarengi sorak sorai para warga yang menonton. 



Saat acara tersebut sebagai pangulu yang ingin memacu semangat para pelajar yang berprestasi di nagorinya, Joen Andilo Manurung mengeluarkan biaya pribadi memberikan hadiah bagi anak pelajar berprestasi mulai dari tingkat SD s/d SLTA khusus warga nagori Baliju. 



Pemerintahan nagori Baliju juga mengadakan DOORPRIZE gratis HUT RI ke-79 dengan menyediakan hadiah yang sangat luar biasa seperti mesin babat, kulkas, mesin cuci, sepeda, rice cooker, kipas angin, setrika, blender, mesin semprot, kuali, kukusan dan masih banyak hadiah menarik lainnya. Dan warga tampak bergembira dan penuh suka cita saat acara pembagian doorprize tersebut. 



Selain menciptakan euforia yang luar biasa dari masyarakat, penyelenggaraan HUT RI ke-79 di nagori Baliju diharapkan menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan daerah tersebut secara luas.



Upacara Bendera mempunyai makna yang sangat penting dalam sejarah bangsa, sebagai simbol dari semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia. Pemerintahan nagori Baliju bersama warga tampak berkomitmen dalam menyukseskan peringatan HUT RI ke-79 dengan segala persiapan yang matang.


Kepada awak media seorang warga nagori Baliju mengatakan, “Penyelenggaraan upacara 17 Agustus di nagori Baliju untuk pertama kali, tentu akan menjadi sejarah bagi kami masyarakat Baliju. Hadirnya seorang pangulu yang dapat membangun euforia yang berbeda sejak pangulu sebelumnya, yang lebih dapat memberi dampak positif ke setiap warga", terang warga tersebut. (DeLTa)

Posting Komentar

0 Komentar