Pemerintah Nagori Mariah Hombang Tebar Benih Ikan Mas dan Nilam di Lubuk Larangan DEKKE RODI MAHO




Simalungun, Radar24Jam

Dalam rangka menjaga dan melestarikan keanekaragaman ekosistem hayati dan meningkatkan stok populasi ikan diperairan umum khususnya Nagori Mariah Hombang yang berpotensi untuk pengembangan perikanan yang berkelanjutan maka dilakukan Restocking atau penebaran benih ikan Mas dan Nilam di Lubuk Larangan DEKKE RODI MAHO huta III Hombang Mariah Nagori Mariah Hombang kecamatan Hutabayu Raja kabupaten Simalungun, Rabu (10/07/2024). 


Benih ikan Mas dan Nilam tersebut merupakan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan (Hampang) Kabupaten Simalungun yang berkisar sekitar 20 ribu ekor benih ikan. 


Cuaca yang cerah dengan udara pagi yang masih sejuk membuat kegiatan penebaran benih ikan menjadi menyenangkan serta penuh suasana ceria dan bahagia. Hal tersebut tampak saat Bupati Simalungun beserta seluruh jajarannya, Camat Hutabayu Raja, Camat Tanah Jawa, Kapolsek Tanah Jawa, Danramil 10 Balimbingan menebar benih ikan dan kemudian seluruh yang hadir menyoraki yel yel "dimana ada air disitu ada ikan, dimana ada ikan disitu kita makan, mantap sekali bang."


Pemerintah Nagori Mariah Hombang kepada awak media melalui kepala desa Mendra Siregar S.Kom berharap dengan adanya lubuk larangan bisa memotivasi masyarakat dalam upaya pengembangan budidaya ikan sekaligus membantu mempertahankan ketahanan pangan, karena Nagori Mariah Hombang memiliki potensi perikanan air tawar yang sangat menjanjikan. 


Dengan adanya lubuk larangan ini bisa menjaga kelestarian alam dan mengajak masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan saluran irigasi, harap Mendera. 


Nantinya setelah ikan yang ditebar sudah besar dan bisa dipanen akan kita bagikan kepada seluruh masyarakat khususnya Nagori Mariah Hombang, ujar Mendra. 


Lanjutnya, kami juga membentuk Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) untuk menjaga lubuk larangan tersebut dari pencurian ikan, penyetruman atau penangkapan ikan didaerah lubuk larangan. (PerNag.No.5 tahun 2024 Mariah Hombang), terang Mendra. 


Terima kasih kami ucapkan kepada bapak Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga beserta seluruh jajarannya, Camat Tanah Jawa, Camat Hutabayu Raja, Kapolsek Tanah Jawa, Danramil 10 Balimbingan dan kepala desa nagori lain yang turut hadir dalam penebaran benih ikan Mas dan Nilam dinagori Mariah Hombang ini, acara ini adalah salah satu kegiatan Marharoan Bolon yang bisa berdampak positif bagi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan kelestarian alam. "Semoga berhasil dan ikannya cepat besar," ucap Mendra mengakhiri. (DeLTa)

Posting Komentar

0 Komentar