Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Calon kepala Desa tolak hasil penghitungan suara

Aceh singkil, Radar24jam.com |Salah satu calon kepala desa (Cakades) di Desa pandan Sari /Kecamatan Simpang kanan Aceh Singkil menolak menandatangani hasil Pilkades, dan mengancam akan melakukan upaya hukum.sabtu 20/11/2021

Sikap ini ditunjukkan, lantaran mereka menilai Panitia Pilkades setempat, berbuat curang saat proses perhitungan suara, pada Minggu (14/11/2021) kemarin.

Cakades , Arbasar menyampaikan, pihak panitia diduga melakukan penyalah gunaan wewenang atas kelebihan suara, yang muncul saat proses perhitungan.

“Ada sekitar 5 suara yang disalah gunakan panitia,” Arbasar saat dikonfirmasi wartawan radar24jamcom di rumahnya.

Padahal, berdasarkan tatib dan telah disepakati, lanjutnya, jika ada kelebihan jumlah suara dibandingkan undangan, tidak akan dihitung.

Tidak hanya itu, dia juga mengungkapkan bahwa pembuatan berita acara oleh panitia terkait adanya jumlah suara berlebih tersebut, juga dianggap ada kejanggalan.

“Karena berita acara tersebut tidak ditandatangani oleh salah satu Cakades. Saya tidak tanda tangan. Pasalanya Panitia terlihat tidak independent tidak netral ini ini sangat melukai hati masyarakat. Seharusnya kami berhak tahu,” jelasnya.

Karena hal tersebut, dia menilai bahwa pelaksanaan Pilkades pandan sari simpang kanan telah cacat hukum setelah diketahui melalui SK P2K yg diterbitkan oleh BPG adanya salah satu anggota P2K yang namanya bukan yang tercantum dalam SK tapi ia turut serta didalam pelaksanaan tersebut inikan juga sudah cacat hukum sangat tidak berdasar.

Meski keberatan dengan hasil penghitungan suara, Arbasar mengaku bahwa hal tersebut tidak ada kaitannya dengan menang atau kalah semua pihak pastinya akan meminta pelaksanaan tahapan berlaku adil jujur transaparan akuntabel harus nya pastinya panitia tau tugas pokok dan fungsi P2K-KPPS.

“Karena banyak pelanggaran yang dilakukan panitia tidak sesuai dan dipatuhi apa yang termaktub di PERBUP NOMOR 17 TAHUN 2021. Saya pribadi meminta agar dilaksanakan pemilihan ulang,” sesuai dengan yang ada di perbup jika panitia tidak mempedomani perbup maka ini sangat beresiko tentu akan ada konswekuensi ungkap.Arbasar (Ns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *