Radar 24jam

Radar Nusantara Group

“Universitas Mathlau’l Anwar Banten Gelar Lorong Diskusi Bedah Regulasi Kemahasiswaan”

Pandeglang, radar24jam.com |Universitas Mathlau’l Anwar Banten Menyelenggarakan pertemuan Diskusi mengenai bidang Kemahasiswaan bersama Efi Hasan Rifai’,wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNMA Banten yang bertempat dilorong diskusi gedung Fakultas Hukum dan Sosial Kampus UNMA Banten(05-11-2021).

Rektorat,wakil Rektor,Kepala Biro,Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan,para pembina UKM,dan para Ketua Ormawa di lingkungan UNMA Banten hadir dalam diskusi legal Drafting,bedah Regulasi Kemahasiswaan tersebut.

Diskusi tersebut dilaksanakan dengan dipandu oleh Moderator Eko Suprianto,dan Pemateri utama adalah Efi Hasan Rifai’.

Efi Hasan Rifai’ menyampaikan dalam Diskusinya,Bidang Kemahasiswaan berkomitmen terus untuk melakukan Penataan dan Pengembangan Kahasiswaaan.Mulai dari Merevisi Peraturan Kemahasiswaan yang ada,membuat Program kerja dan Kegiatan yang mendukung dalam pengembangan karakter dan prestasi Mahasiswa.

“Dengan adanya pertemuan ini,dapat belajar lebih dalam lagi tata kelola Bidang Kemahasiswaan di UNMA Banten,mulai dari Perencanaan Program Kerja,hingga pengalaman-pengalaman pengelolaan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.Tentunya semua ini sangat bermanfaat sekali dalam pengembangan Kemahasiswaan di UNMA Banten.”sebutnya.

“Pembuatan Peraturan Perundang-undangan dalam ruang lingkup kemahasiswaan,sangat penting sebab sebagai Mahasiswa,sudah seharusnya tidak hanya keluar dan masuk Kampus ataupun Kelas untuk mengikuti pembelajaran,melaikan juga harus mengetahui aturan-aturan oleh masing-masing Fakultas ataupun Universitas,”imbuhnya.

“Peraturan Perundang-undangan harus dipelajari bersama dan sedikit membedah Undang-Undang yang sudah dirancang oleh Senat Mahasiswa sebelum disahkan sebagai Peraturan Mahasiswa sebelum disahkan jadi peraturan tetap Mahasiswa UNMA Banten,melalui Diskusi dapat mengubah ataupun menyempurnakan Undang-undang yang mungkin masih perlu adanya perbaikan dan juga masukan dari berbagai pihak,”pungkas Efi Hasan Rifai’.

Salah satu Dosen dan juga Moderator dalam acara tersebut,Eko Suprianto menyampaikan saat ini Perguruan Tinggi sejatinya memang harus Inopativ dan kreatif,tentunya dalam hal ini menjadi perhatian bagi semuanya mengingat ada empat katagori yang dinilai,mulai dari sumber daya Manusia,tata kelola Perguruan Tinggi,penelitian dan prestasi Mahasiswa.

“Dari diskusi ini dapat menjadi bahan untuk membuat kebijakan dibidang Kemahasiswaan dan kiat-kiat UNMA Banten dalam merebut Prestasi Nasional.Nantinya semua ini dapat dibincangkan dengan Wakil Dekan dan ketua Program Studi yang bersentuhan langsung dengan kegiatan Mahasiswa.Hal ini nantinya akan melahirkan Konsep,program kerja dalam pembinaan kemahasiswaan sehingga dapat memberikan citra baik Kampus,”Tambahnya.

Sai’d Ariyan sebagai pematik diskusi menyampaikan pola kemahasiswaan untuk mendukung prestasi dan reputasi Perguruan Tinggi,dalam pengembangan Perguruan Tinggi Mahasiswa menjadi urusan utama.Untuk itu diperlukan Program dalam pengembangan Potensi Mahasiswa sehingga dapat melahirkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter serta berdaya saing Global.

“UNMA Banten tentunya memiliki ciri khas tersendiri dalam pengelolaan pendidikan tinggi dan pengembangan Kemahasiswaannya.Untuk itu tidak hanya aspek kecerdasan Intelektualnya saja,tapi juga kecerdasan Emosional dam Spiritual yang harus dirumuskan secara bersama-sama,imbuhnya.

Tindaklanjut dari Diskusi ini adalah dibuat dalam forum uji publik,nantinya diperbolehkan para peserta untuk mengoreksi,menambahkan ataupun menyanggah Undang-undang yang telah dipaparkan,untuk menyempurnakan Perundang-undangan menjadi lebih sempurna.

Dan perlu diketahui dalam acara tersebut UNMA Banten memaparkan beberapa Peraturan tentang Kemahasiswaan,dan berlangsungnya acara tersebut menghasilkan peraturan yang diterima secara kredibel dan relevan sampai dimasa yang akan datang.

(cepz/team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *