Radar 24jam

Radar Nusantara Group

AMMM Sampaikan 5 Tuntutan Akibat Krisis Listrik Di Morowali

Morowali, Radar24jam.com
Aksi demo berlangsung tertib, dimulai dari terminal Bungku Kota dan selanjutnya menuju kantor Bupati Morowali, menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor. Kemudian menuju kantor DPRD dan melanjutkan di kantor PLN UPL Kec. Bungku Tengah.

Terkait dengan adanya krisis listrik yang ada di Kab. Morowali ratusan orang yang mengatas namakan aliansi mahasiswa dan masyarakat Morowali menggelar demo di kantor Bupati Morowali, DPRD Kab. Morowali dan PLN UPL Bungku Tengah. Senin, 15/11/2021.

Dalam orasinya aliansi mahasiswa dan masyarakat Morowali (AMMM) Akbar menyampaikan bahwa Kab. Morowali hari ini jadi salah satu Kabupaten yang terkenal, tidak hanya dengan level nasional juga internasional dengan kekayaan SDA yang dimiliki kualitas terbaik nomor satu di Asia Tenggara, sehingga hal inilah yang menunjang pertumbuhan ekonomi di Kab. Morowali menjadi teringgi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Bagaimana kondisi kelistrikan saat ini yang ada di Kab. Morowali? “Listrik sedang mengalami pemadaman bergilir atau kah perbaikan bergilir” teriak korlab.

Selama pemadam yang terjadi di Kab. Morowali, masyarakat selaku konsumen utama pelanggan listrik telah di rugikan, pemadam listrik bergilir di Kab. Morowali masih saja terus dilakukan oleh PLN ULP Bungku dengan berbagai alasan. Hal itu membuat masyarakat geram karena kondisi sudah berlangsung cukup lama, terhitung dari bulan oktober 2020 s.d november 2021 adanya pemadaman, banyak merugikan konsumen dari segi perekonomian, usaha, pendidikan, dan pekerjaan buruh bangunan.

Terhitung dari tanggal 26 oktober 2020 s.d november 2021 pihak PLN Bungku telah melakukan pemadam listrik bergilir dalam kurun waktu 13 bulan sampai detik ini, PLN belum juga menyelesaikan masalah pada gangguan unit mesin di PLTD Bahururu, dan menurunnya daya mampu di PLTNH serta tidak mampu menghadirkan mesin baru yang mampu menyumplai listrik keseluruh masyarakat Morowali tanpa harus mendengar kekurangan daya.

Dari beberapa kasus yang terjadi maka dari itu kami mahasiswa Morowali mewakili seluruh elemen masyarakat tergabung dalam aliansi dan masyarakat Morowali menuntut:

  1. PLN ULP Bungku segera melakukan perbaikan sistim kelistrikan di Kab. Morowali.
  2. Kami meminta hak hak konsumen terpenuhi seperti yang sudah diatur pada pasal 29 undang undang no. 30 thn 2009 tentang ketenagaan listrikan.
  3. Pemda (Bupati) dan DPRD Morowali harus mengambil sikap yang jelas dan tegas terkait dampak kondisi krisis listrik di Morowali serta melakukan pengawasan dan penuntasan terhadap pihak PLN ULP Bungku soal kelistrikan.
  4. Mendesak Pemda, PLN, DPRD untuk menuntaskan krisis listrik yang terjadi di wilayah kepulauan Kab. Morowali
  5. Jika dalam waktu satu minggu pemadaman listrik masih berlangsung maka kepala PLN ULP Bungku dapat di copot dari jabatannya, dan kami akan melakukan aksi lanjutan dengan penduduk dengan pendudukan kantor PLN sampai tereliasasi, pungkasnya.
    Aksi berjalan aman dan tertib dibawah pengamanan aparat polres dan dibantu anggota kodim 1311 Morowali.
    (Rpdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *