Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Menjelang Pemilihan Kepala Desa, BPG Pecat P2K.

Aceh singkil, radar24jam.com |Badan Permusyawaratan Gampong atau BPG desa Sirimo Mungkur Kec. SURO kabupaten Aceh Singkil memecat Panitia Pemilihan Kampong (P2K) di Desa itu.

Mahyudin Solin, salah satu anggota BPG Sirimo Mungkur yang dihubungi radar24jam.com mengatakan, dirinya ikut menyetujui pemberhentian P2K lantaran menurutnya P2K tidak taat pada aturan yang ada terkait pemilihan Kepala Desa.

Mahyudin menyebut, P2K dianggap bersalah karena menerima salah satu calon Kepala Desa Sirimo Mungkur yang tidak memenuhi syarat. Adapun syarat yang tidak dipenuhi menurut Mahyudin, calon yang diterima bukan warga yang berdomisili di Desa itu.

“Berdasarkan beberapa laporan masyarakat,  salah satu calon tidak berdomisili ditempat” kata Mahyudin kepada radar24jam.com (13/11).

“Banyak sekali yang tidak sesuai peraturan dan tugas yang dilaksanakan P2K”. tambah Mahyudin.

Mahyudin menjelaskan, berdasarkan pasal 40 ayat (4) Qanun Kabupaten Aceh Singkil nomor 4 tahun 2018 tentang Badan Permusawarahan Kampung menyebutkan,
dalam hal panitia petugas  pemilihan  kecik atau disebut dengan P2K tidak melaksanakan tugas, maka BPG berhak memberhentikan P2K.

Julpan Berutu, anggota P2K Desa Sirimo Mungkur  yang diberhentikan BPG itu saat di konfirmasi melalui WhatsApp belum meberikan jawaban. Ia hanya mengirimkan foto salinan surat Sekdakab terkait pemberhentian Pemilihan gechik P2K.

Surat tertanggal 9 Nopember 2021 itu ditujukan Kepada Camat Suro. Dalam surat itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil meminta kepada Camat Suro agar menyampaikan kepada BPG untuk mengaktifkan kembali P2K paling lambat 10 Nopember 2021. Apabila tidak diaktifkan sampai pada tanggal tersebut, maka tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa diambil alih Kecataman.

Sementara itu, Camat Suro yang dikonfirmasi radar24jam.com belum memberikan jawaban. (Ns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *