Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Residivis Curat 20 TKP Diringkus Polisi

BANGKA – Radar24jam.com

Tim Kelambit Buser Polres Bangka berhasil meringkus Supriyanto alias Paul (40) residivis tersangka pencurian dengan pemberatan (curat), Rabu (10/11/21) dini hari. Paul diketahui telah melancarkan aksinya di 20 tempat berbeda.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 20 unit HP, Mesin Robin dan satu set peralatan TI sebu, 3 pucuk senapan angin, 3 unit speaker, dan 6 unit senjata tajam.

Penangkapan tersangka Supriyanto alias Paul sempat alot, lantaran tersangka terkenal licin dan susah untuk ditangkap. Paul sudah 6 kali keluar masuk penjara dan sejak bebas dari tahun 2020 lalu, tersangka kerap pindah-pindah tempat tinggal atau tidak menetap.

Tersangka berhasil ditangkap Tim Kelambit Buser Polres Bangka bermula saat polisi mendapat laporan dari masyarakat, bahwa tersangka kerap tidur atau tinggal d isalah satu rumah milik warga di Desa Penyamun Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Berbekal informasi tersebut, tim kelambit Buser Polres Bangka yang dipimpin langsung Kanit Opsnal Aipda Nanang langsung melakukan penyelidikan.

Dan pada hari Rabu (10/11/21) sekitar pukul 02:00 WIB dini hari, akhirnya tersangka berhasil diringkus Tim Kelambit, saat sedang tertidur lelap di salah satu rumah milik warga di Desa Penyamun Kecamatan Pemali.

“Awalnya kami mendapat informasi keberadaan Paul (tersangka) ini sekitar pukul 22:00 WIB, namun lantaran tersangka ini terkenal licin atau susah ditangkap, jadi kami menunggu dia sedang tidur, pada saat kami gerebek tersangka sedang tidur pulas di ruang tamu rumah warga,” ujar Aida Nanang.

Setelah berhasil diamankan, tersangka pun langsung diminta untuk menunjukkan sejumlah barang bukti hasil kejahatan yang ia lakukan.

Dari hasil kejahatan yang dilakukan tersangka, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 20 unit HP berbagai merk, 2 buah speaker aktif, satu unit mesin robin, satu set peralatan TI sebu, 3 pucuk senapan angin, 5 buah senjata tajam.

Tak hanya mencuri HP dan mesin robin, tersangka juga kerap mencuri uang tunai milik korban. Uang tersebut ia gunakan untuk berfoya-foya di tempat hiburan malam bersama rekan-rekannya.

“Tersangka ini juga kerap mencuri uang milik warga, jika ditotalkan keseluruhannya mencalai belasan juta rupiah, namun uang tersebut dihabiskan tersangka untuk berfoya-foya bersama teman-temannya di tempat hiburan malam,” ungkap Kasat Reskrim Polres Bangka AKP. Ayu Kusuma Ningrum,.Sik.

Kasat Reskrim Polres Bangka AKP. Ayu Kusuma Ningrum,.Sik juga menambahkan, tersangka ini merupakan residivis kambuhan spesialis pencurian dengan pemberatan atau curat.

“Tersangka ini sudah 6 kali keluar masuk penjara, jadi ditambah satu ini dia sudah sebanyak 7 kali masuk penjara, kasus sebelumnya curanmor sama curat juga,” tambah Ayu.

Sementara itu, dihadapan polisi, tersangka Paul mengaku, saat hendak melakukan aksinya pencurian, dirinya kerap melakukan survey dahulu, dan aksi pencurian yang ia lakukan pada siang atau malam hari.

“Sebelum saya masuk ke rumah target, biasanya saya survey dulu pak, pura-pura berburu, bawa senapan angin dan parang, setelah saya lihat kondisi rumah target saya sepi, saya langsung masuk kedalam, langsung saya ambil barang-barang berharga seperti HP dan uang dan barang-barang lainnya,” kata Paul.

Tersangka juga mengaku, dirinya kerap melakukan aksi pencurian di sebuah pondok-pondok kebun atau Camp TI milik warga.

“Kalau saya mencuri ini sudah tidak dihitung lagi pak, saya lupa saking banyaknya, tapi semenjak saya keluar dari penjara tahun 2020 lalu, saya mencuri sekitar hampir 20 rumah, tapi saya sudah lupa, rumah korbannya dimana aja, dan barang-barangnya saya jual kemana sudah lupa,” akunya.

Atas perbuatan yang dilakukannya, kini tersangka masih dilakukan pemeriksaan di Mapolres Bangka dan terancam hukuman 5 tahun penjara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *