Radar 24jam

Radar Nusantara Group

‘Sinergitas TNI-POLRI Membangun Desa Di Nanggala”

Pandeglang, radar24jam.com |

Babinsa desa Nanggala Koramil 16 Cikeusik Serda Hata bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Iwan Elpirwan ditemani Kepala Desa Nanggala terpilih Sumarna beserta masyarakat dan pemuda meninjau jembatan yang rusak parah di kampung Sukajaya desa Nanggala kecamatan Cikeusik. Sabtu (6/11/2021).

Mendengar warga yang mengeluhkan kondisi jembatan gantung yang menghubungkan perkampungan warga rusak berat akibat curah hujan yang tinggi membuat sungai meluap mengakibatkan pergeseran pondasi jembatan, segenap unsur yang berwenang di desa Nanggala langsung bergegas ke lokasi untuk meninjau serta merencanakan langkah dan solusi terbaik untuk menangani hal tersebut dalam kondisi darurat.

Akibat rusaknya jembatan yang merupakan akses utama masyarakat menuju tempat sehari-hari mereka menggantungkan hidup dengan bercocok tanam di ladang dan sawah karena notabene masyarakat yang merupakan petani dan pekebun harus terhambat akibat jembatan tidak bisa dilalui oleh roda dua maupun traktor dan alat pertanian lainnya.

Sadik yang merupakan petani setempat sekaligus ketua Gapoktan desa Nanggala mengungkapkan bahwa akibat rusaknya jembatan tersebut warga tidak bisa membawa hasil panin mereka, termasuk kesulitan membawa traktor untuk membajak sawah warga. “Kami merasa kesulitan untuk membawa hasil panin kami karena jembatan tidak bisa dilalui dengan beban berat dan hanya bisa dilalui oleh seorang saja. Kalau lewat sana kami harus ngantri dulu satu per satu karena takut jembatannya roboh, bahkan kemarin sempat menelan korban hingga jatuh. Untuk membawa traktor pun guna membajak sawah warga jalannya harus muter dengan jarak yang cukup jauh”. Ungkapnya.

Sementara itu Sumarna selaku kepala desa Nanggala terpilih mengatakan bahwa dirinya akan berupaya sebisa mungkin untuk segera melakukan upaya-upaya yang bisa menyelesaikan persoalan tersebut. “InshaAllah setelah dilantik sebagai kepala desa Nanggala periode 2021-2027 pada Senin 8 November ini, saya beserta seluruh jajaran pemangku kebijakan di tingkat desa akan segera memprioritaskan hal-hal yang bersifat darurat untuk segera ditangani, termasuk yang berkenaan dengan kebutuhan masyarakat yang salah satunya adalah jembatan yang menghubungkan antar warga desa Nanggala, entah itu dengan perbaikan sementara melalui sentuhan dana desa, swadaya masyarakat, atau pun mengusulkan bantuan kepada sumber manapun mengingat dana yang dibutuhkan sangat besar agar jembatan tersebut bisa dibangun kembali terlebih dibangun dengan kapasitas yang lebih besar agar akses roda empat bisa melalui jembatan tersebut untuk meningkatkan perekonomian warga”. Ujarnya.

Babinsa desa Nanggala Serda Hata dan Bhabinkamtibmas Brigadir Iwan Elpirwan pun tidak akan tinggal diam mereka akan segera koordinasi dengan jajarannya untuk pengusulan pembangunan jembatan yang kondisi nya sangat memprihatinkan. “Kami jajaran TNI dan POLRI akan segera berkoordinasi dengan instansi kami serta instansi terkait untuk segera mengusulkan program maupun bantuan untuk membangun kembali jembatan yang menjadi akses penting bagi warga”. Ucap mereka.

(cepz/team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *