Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Wartawan Mau Tanya Dana BOS, Kepala Sekolah: Harus Ada Surat Perintah dari Kepala Dinas

Aceh singkil- Rada24jam.com| Kepala SDN Siatas Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil dikabarkan tidak bersedia diwawancarai wartawan terkait dengan dana BOS yang dikelolanya.

Dilansir dari newssantikorupsi.com, sang kepala sekolah, Ramidah Susanty Brutu, tidak bersedia diwawancara kecuali ada Surat Perintah dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil.

Menurutnya, tindakan itu diambil sesuai pesan Kepala Dinas.

Menanggapi berita itu, LPPN-RI untuk Wilayah Aceh Singkil angkat bicara. Ketua LPPN-RI, Khabakasah atau sering di sapa Juntak, mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah UPTD SPF SDN Siatas, itu  tidak mencerminkan seorang pendidik, seharusnya hal tersebut tidak terjadi, sesuai dengan Juknis tentang pengelolaan Dana Bos. Dia bahkan mengatakan, UU keterbukaan informasi publik memberikan ruang bagi semua orang, untuk mendapatkan informasi publik. Kecuali informasi yang dikecualikan.

“Wartawan mau konformasi, butuh informasi. Apa yang ditanya, dijawab. Itu aja, selesai. Ga usah ditutup-tutupi. Masa orang ga boleh tau, ada apa? katanya.

“Transparan aja. Kalau memang benar kenapa harus takut. Kenapa pula wartawan harus dapat Surat Perintah Dinas Pendidikan?Aneh”. Katanya lagi.

“LPPN-RI meminta dan mendesak, Bupati Aceh Singkil segera mengevaluasi seluruh sekolah yang ada di Aceh Singkil SD dan SMP untuk mendapat kan pendidikan Moral. Jika hal ini dibiarkan akan berdampak buruk, bagi generasi pendidikan.” ungkapnya.

Badan Advokasi Indonesia (BAI) Aceh Singkil, Herman Syahputra menyayangkan tindakan kepala sekolah itu. Menurutnya, Wartawan tidak perlu mendapatkan surat perintah dari Kepala Dinas. Bahkan, Kepala Dinas tidak bisa memerintah wartawan.

“Sangat disayangkan. Ini sangat janggal. Masa wartawan mau nyari berita harus ada Surat Perintah dari Kepala Dinas. Wartawan bukan bawahan Kepala Dinas.” tegasnya. 

Sementara itu, radar24jam mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil. Apakah benar, untuk melakukan wawancara harus ada Surat Tugas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Tetapi sampai berita ini diturunkan, belum ada jawaban dari yang bersangkutan.(Ns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *