Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Kawal Data Pemilih, Panwaslih Lakukan Uji Petik

Aceh, radar24jam.com

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Singkil melakukan kegiatan uji petik di desa Suka Makmur dan desa Pandan Sari Kecamatan Gunung Meriah pada Selasa (5/10). Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan uji petik sebelumnya yang dilaksanakan setiap bulan.

Kordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Panwaslih  Kabupaten Aceh Singkil, Azwar Ramnur menjelaskan, kegiatan uji petik dilakukan untuk memastikan Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) benar-benar sesuai dengan fakta di lapangan.

“Kita terus berupaya memastikan data pemilih terus terupdate dan sesuai dengan yang ada di lapangan”. Kata Azwar.

Azwar menjelaskan, Data Pemilih Berkelanjutan adalah pembaruan data pemilih yang diupdate secara berkelanjutan. Orang yang telah meninggal dunia atau tidak memenuhi syarat dengan sebab lainnya, dikeluarkan dari daftar pemilih. Sedangkan yang baru memenuhi syarat untuk memilih dimasukkan dalam daftar pemilih. Proses pembaruan data ini menurut Azwar dilaksanakan oleh KIP Aceh Singkil. Kemudian terhadap data yang dimutakhirkan KIP itu, selanjutnya Panwaslih Aceh Singkil melakukan uji petik.
DPB ini menurut Azwar penting untuk memudahkan pemutakhiran pada pemilu/pemilihan yang akan datang.

“DPB ini penting karena data pemilih akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Insya Allah setiap bulan kita turun ke lapangan. Bulan lalu ada delapan Kecamatan. Bulan ini kita mendatangi para pemilih yang tersebar di enam  Kecamatan dari sebelas kecamatan se Aceh Singkil.”.. ( Ns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *