Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Pembangunan Pamsimas 111 di Desa Beringin Jaya Kecamatan Rebang Tangkas Diduga Tidak Mengikuti Tehnis dan Juknis


Way kanan, Radar24jam.com
Program sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS 111) adalah Program unggulan pemerintah yg memproritaskan masyarakat agar hidup bersih dan sehat.

Pembangunan Pamsimas 111 yg terletak didusun talang jengkol rk 5 kampung beringin jaya kecamatan rebang tangkas kabupaten way kanan ini diduga tidak mengikuti petunjuk tehnis.

Pasalnya pembangunan pamsimas ini cuma tercantum ada nama kordinator KKM dan ketua satlak berikut nama nama:

1. kordinator KKM adalah Panzuri Subhan yang saat ini menjabat sebagai sekdes.
2. ketua satlak Khirul Amin yg menjabat sebagai kasi pemerintahan diduga pembangunan pamsimas,111 menabrak aturan dan mengabaikan petunjuk tehnis pasalnya diduga tidak adanya ketua sekertaris bendahara dan anggota yang seharusnya di bentuk sebanyak 5 orang paling banyak 9 orang dan harus ganjil.


Sesuai petunjuk tehnis yang dimaksudkan adalah untuk penyediaan paduan bagi semua pelaku pamsimas dalam melakukan tahapan dan proses perencanaan kegiatan pengembangan air minum dan sanitasi perubahan hidup bersih dan sehat serta meningkatkan kapasitas masyarakat di lokasi sasaran program pamsimas petunjuk tehnis ini disediakan secara khusus untuk kelompok keswadayaan masyarakat  (KKM) satuan pelaksana (satlak) pamsimas sanitarian timpasiliator dan konsultan pendamping program.


Saat team dari media radar24jam.com dan anggota kamput menanyakan kepada masyarak siapa pelaksana kegiatan dan siapa ketua sekertaris bendahara dan anggota, masyarakat pun menjawab tidak mengetahui, jawab masyarakat yang enggan disebut namanya.


Patut diduga bahwa pembangunan pamsimas 111 yg terletak di talang jengkol rk 4 kampung beringin jaya kecamatan rebang tangkas kabupaten way kanan menabrak aturan petunjuk tehnis dan patut diduga bahwa pembungunan pamsimas 111 hanya untuk menguntungkan peribadi per orangan atau kelompok.


Saat media radar24jam.com dan purwanto sebagai angota kamput melakukan investigas kelapangan pembangunan pamsimas 111 yg terletak rk 4 desa beringin jaya sangat terlihat bahwa diduga tidak mengingkuti tehnis dan menemukan kejanggalan kejanggalan dimana pipa yg terpasang tidak seutuhnya tertanam penanaman pipa sangat berdampak untuk jangka panjang karna rawan dengan pecah terlihat juga pengeboran yang pertama dilakukan gagal karna tidak menemukan air dan terlihat pengeboran kedua yang tidak jauh dari lokasi pengeboran pertama dan pekerjapun tidak terlihat dilokasi pengerjaan dan terlihat juga bahwa pengeboran didepan gedung yg munurut masyarakat gedung TPA saat kami bertanya kepada masyarakat sekitar yang sangat memperihatikan.


Dua kali melakukan pengeboran sangat dekat dengan sumur bor yg dibiayai dana desa sekitar kurang lebih 3-5 meter dan sampai saat berita ditayangkan kordinator KKM dan ketua satlak tidak bisa kami konfirmasi karna saat team kerumahnya, yang bersangkutan sedang tidak dirumah.

(dodi/pur)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *