Radar 24jam

Radar Nusantara Group

TNI-AL LANAL Palu Bantu Korban Banjir Bandang di Kabupaten Sigi Biromaru Sulteng

Palu (Sulteng), Radar24jam.com
Lembah Sigi, Sulawesi Tengah – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Palu membantu kebutuhan air bersih bagi warga terdampak bencana alam banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut.

“Kami Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu bersama Korem 132 Tadulako, Kodim dan Koramil dan Pemerintah Desa Rogo, membantu kebutuhan air bersih warga yang terdampak banjir,” ucap Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M. Tr. Hanla di Sigi, Senin.

Banjir bandang disertai lumpur dan material kayu melanda Desa Rogo, Kabupaten Sigi pada Minggu malam (29/8). Dampak dari bencana itu, warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Pangkalan TNI AL Palu menyuplai air bersih yang dimuat oleh satu mobil tangki berkapasitas 5.000 liter air bersih.

Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting mengatakan warga yang kesulitan air bersih dapat memanfaatkan air bersih yang disuplai oleh Pangkalan TNI AL Palu, untuk kebutuhan konsumtif, mandi dan sebagainya.

“Kami menyuplai air bersih ke lokasi untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam banjir bandang,” kata dia.

“Satu mobil tangki berkapasitas 5.000 liter disiapkan untuk menyuplai air bersih ke warga di Desa Rogo,” kata Marthin Luther Ginting.

Sementara itu untuk bantuan Logistik Lanal Palu memberikan bantuan sekitar 50 Karung beras ukuran 5 Liter, Mie instan 50 Dos dan Air Mineral 50 Dos untuk warga yang terdampak.

Pasokan air bersih, sebut dia, akan disuplai setiap saat kepada warga dalam proses pemulihan pascabencana alam banjir bandang itu.

“Jika airnya habis, maka truk tangki akan pergi mengisi air bersih, dan akan kembali ke Desa Rogo,” sebutnya.

Saat ini satu unit mobil tangki air milik TNI Angkatan Laut berkapasitas 5.000 liter air bersih disiapkan di dekat dapur umum, di Desa Rogo.

“Saat ini kami membawa sendiri dari pangkalan menggunakan mobil tangki tersebut, jika nanti airnya habis, maka kami akan mencari titik bersih untuk diambil, dan disuplai ke warga,” ujarnya.

Selain air bersih, Pangkalan TNI-AL Palu juga menurunkan puluhan anggota untuk membantu warga dan pemerintah Desa Rogo, demi percepatan pemulihan penyintas.

Pangkalan TNI AL Palu juga menyuplai kebutuhan pangan yang diberikan ke dapur umum, untuk dimanfaatkan secara bersama demi membantu warga setempat.

“Dapur umum dan kebutuhan logistiknya disediakan oleh para ibu-ibu Jalasenastri dan Kowal,” ungkap dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Palaksa Lanal Palu Letkol Laut (PM) Priyo Yudono, S.H., M.M., Paspotmar Lanal Palu Mayor Laut (E) Ponco Arief W., Pasprogar Lanal Palu Mayor Laut (S/W) Welly Tadale., BK Lanal Palu dr. Wira A. Serta personel Lanal Palu.

(ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *