Radar 24jam

Radar Nusantara Group

TNI AL (LANAL PALU) BERIKAN APRESIASI DAN PENGHARGAAN KEPADA BIDAN DI KABUPATEN BANGGAI LAUT ATAS AKSI HEROIKNYA

Kab.Luwuk, Radar Jakarta.net

Rabu  28 Juli 2021 pukul  21.10 Wita Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marthin Luther Ginting M.Tr.Hanla memerintahkan kepada Komandan Pos TNI AL (Posal) Luwuk Letda Laut (S) beserta 2 orang anggota  Posal Luwuk untuk melaksanakan penjemputan rombongan Bupati Banggai Laut  Sofyan Kaefa, S.H di Pelabuhan rakyat Luwuk Kabupaten Banggai. Bersama rombongan Bupati Banggai Laut diantaranya Wakil Ketua 1 DPRD Banggai Laut Tuan Kuba, Ketua Badan Kehormatan DPRD Banggai Laut Kristian, beberapa staf Pemda Banggai Laut, Staf Puskesmas Lantibung Pulau Bangkurung Kabupaten Luwuk Banggai dan Bidan Awanti Pangas, A.Md.Keb seorang bidan yang viral dengan aksi heroik menolong persalinan seorang ibu diatas perahu kayu.

 
   Dalam penjemputan Komandan Posal Luwuk sebagai Wakil dari Komandan Lanal ikut mengantarkan Rombongan Bupati Banggai Laut menuju Mess Pemda Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai untuk beristirahat sebelum berangkat menuju Kota Palu untuk menghadiri undangan  Pimpinan TNI Agkatan Laut  dalam hal ini didelegasikan kepada Pangkalan TNI AL Palu untuk memberikan Apresiasi dan Penghargaan kepada Bidan Ahwanti Pangas, A.Md.Keb.  atas aksi heroiknya menolong persalinan beresiko tinggi di atas perahu kayu dalam perjalanan proses rujukan dari puskesmas Lantibung pulau Bangkurung menuju ke RSUD Luwuk. Persalinan dikatakan beresiko tinggi dikarenakan ibu yang mengandung mengalami hipertensi, berusia 42 tahun dan merupakan kelahiran anak yang ke delapan.

 
   Sekitar Pukul 13.00 Wita Bupati Kabupaten Banggai Laut beserta rombongan tiba di Mako Pangkalan TNI AL Palu di Jln. Trans Palu-Donggala KM.12 Kelurahan Watusampu Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Kehadiran rombaongan disambut Palaksa Lanal Palu Letkol Laut (PM) Priyo Yudhono, S.H. mewakili Komandan Lanal Palu didampingin perwira staf dan beberapa Prajurit Lanal Palu. Melalui wawancara melalui Video Conference (Vidcon)  langsung dari Dispenal Mabes TNI AL, Bidan Ahwanti Pangas A.Md.Keb menjawab beberapa pertanyaan pada kesempatan wawancara dengan  reporter dari Dispenal Mabes TNI AL. 


   Dalam acara pemberian Apresiasi dan Penghargaan dari TNI AL melalui Pangkalan TNI AL Palu memberikan sambutan tentang aksi heroik bidan Ahwati yang disampaikan Palaksa Lanal Palu. Pada kesempatan yang sama Bupati Banggai Laut Sofyan Kaefa, S.H juga menyampaikan sambutan dan ucapan terimakasih kepada TNI AL atas perhatian TNI AL kepada kepada Pemda Banggai Laut khususnya dalam hal ini tentang Apresiasi dan penghargaan yang diberikan dari TNI AL  kepada Bidan Ahwanti Pangas, A.Md.Keb. selain itu Bupati juga menyampaikan keinginannya kepada Pimpinan TNI AL kiranya bisa membangun Pos TNI AL di Kabupaten Banggai Laut karena dipandang kabupaten Banggai Laut memerlukan keamanan wilayah perairan di Banggai Laut untuk mendukung pembangunan di kabupaten Banggai Laut.

 
 Pada kesempatan tersebut Bupati Banggai Laut atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut memberikan cindera mata kepada Pangkalan TNI AL Palu atas perhatian dan sinergitas yang dibangun selama ini antara Pangalan TNI AL Palu dengan Pemda Banggai Laut. Selanjutnya memasuki ke inti acara, TNI AL melalui Pangkalan TNI AL Palu dihadapan Bupati Banggai Laut dan rombongan, Palaksa Lanal Palu Letkol Laut (PM) Priyo Yudhono, S.H. menyerahkan piagam penghargaan kepada Bidan Ahwanti Pangas, A.Md.Keb atas aksi heroiknya menolong persalinan dengan selamat kepada ibu dan bayi diatas perahu kayu dalam perjalanan di laut proses rujukan kelahiran beresiko tinggi menuju RSUD Luwuk, dimana dalam membatu proses kelahiran diatas perahu dengan peralatan yang terbatas, Sang Bidan mampu tetap tenang dan bisa mengendalikan rasa panik meski digoyang alunan ombak diatas perahu, berani mengambil tindakan dan tetap sesuai prosedur hingga ibu dan bayi yang dilahirkan selamat dan dalam keadaan sehat.


   Di akhir acara dilaksanakan foto bersama Bupati Banggai Laut dan rombongan dengan Prajurit Lanal Palu. Dengan tetap menerapkan prokes Covid-19, sekitar pukul 15.00 Wita acara selesai, Bupati beserta rombongan meninggalkan Mako Pangkalan TNI AL Palu.

(Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *