Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) pada Program Kota Tanpa Kumuh ( Kotaku ) tahun 2021 di Desa Tegal Rejo

Tanjung Enim, radar24jam.com

Dalam rangka peningkatan pembangunan serta peningkatan perekonomian masyarakat ditengah pandemi covid-19, Kementerian Pekerjasn Umum dan Perumahan Rakyat PUPR ) Peningkatan Kapasitas Masyarakat ( PKM ) pada program Kotaku melakukan pelatihan bagi Kelompok Swaday Masyarakat ( KSM ) tahun 2021, ( KSM ) Bersatu Desa Tegal Rejo dan LKM  Sejahters Keluarahan Pasar Tanjung Enim tahun 2021 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Hadir dalam pembukaan pelatihan ini,  Kepala Desa Tegal Rejo dan peserta Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) Desa Tegal Rejo dan Kelurahan Pasar Tanjung Enim,  di Ruang Kantor Kepala Desa Tegal Rejo, Selasa 08/06/2021.

Dalam sambutan Kepala Desa Tegal Rejo, Teguh Priono, mengatakan program ini sangat membantu masyarakat untuk percepatan pembangunan di Desa dan meningkatkan penghasilan masyarakat, apalagi dimasa pandemi covid 19 di Desa, dengan dilakukan perbaikan jalan setapak dan draise ini dspat membabtu kelancaran masyarakat dalam beraktuvitas sehari hari dan kelancaran aliran air dari limbah rumah tangga.

Lanjutnya, kami dari pemerintah desa sangat mendukung kegiatan ini, karena sangat membantu masyarakat dalam pembangunan didesa, dengan harapan kami kepada anggota Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) dapat memanfaatkan program yang saat ini untuk membantu peningkatan penghasilan masyarakat dan pembangunan didesa.

Sementara dari fasilitator Kelurahan ( Faskel ) Kabupaten Muara Enim, Hendra mengatakan, bahwa pelatihan ini merupakan lanjutan untuk menajamkan program kegiatan Kotaku ( Kota Tanpa Kumuh ) sehingga dapat lmengimplementasikan dilapangan, sehingga terlaksana dengan baik sesuai dengan petunjuk tehnis yang ada. 

Tujuan program ini merupakan program unggulan di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat ( PUPR ) dengan anggaran pusat, untuk meningkatkan prasarana di Desa dan Kelurahan yang pengerjaan secara swadaya masyarakat bersifat padat karya guna memberikan penghasilan masyarakat.

Pada tahun 2021 untuk Kecamatan Lawang Kidul hanya ada dua Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) Bersatu Desa Tegal Rejo dan KSM Sejahtera Kelurahan Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul dengan anggaran Rp. 985.000.000,- per KSM untuk digunakan rehab fasilitas jalan setapak dan drinase yang dianggap sudah rusak dan layak diperbaiki, pungkasnya. 

Kemudian ketua kelompok swadaya masyarakat ( KSM ) Sartimin, menutur bahwa pelatihan ini diharapkan pada kegiatan dilapangan dalam pelaksanaan pembangunan yang dikerjakan sesuai spek yang ada guna menata lingkungan biar tidak kumuh menjadi bersih dan rapi, tentunya masyarakat bisa sama sama menjaga dan merawat bangunan yang sudah kita buat dan akan berguna untuk kita nikmati, drngan dana tersebut, akan pergunakan untuk perbaikan  jalan setapak dan drainase, dan pada tahun 2021 tidak ada program ekonomi kerakyatan, atau pinjaman bagi anggota untuk usaha kecil, nuturnya. 

Umar )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *