Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Kadisjasad Tinjau USJM Tingkat Regu Yonif 721/Makassar

JAKARTA, radar24jam.com

Uji Siap Jasmani Militer (USJM) ditujukan untuk mencapai kesiapan jasmani prajurit yang menjadi bagian mutlak yang dimiliki oleh setiap prajurit baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan. 

Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad) sebagai LKT bidang Jasmani TNI AD bertanggung jawab terhadap kesiapan jasmani prajurit TNI AD.

Dinas Jasmani Angkatan Darat melaksanakan program asistensi dan pengawasan (Aswas) yang telah disusun dan diorganisir, secara sistematis, terarah serta terukur dari penjabaran petunjuk pelaksanaan Program Anggaran TNI AD. 

USJM dilaksanakan secara bertingkat mulai dari perorangan, regu, dan peleton di satuan tempur maupun banpur. Pelaksanaan Aswas USJM Disjasad pada Triwulan II TA 2021 dilaksanakan mulai dari tanggal 19 mei 2021 sampai dengan 26 Mei 2021 dengan sasaran Kodam III/Slw (Yonif R 300/Bjw), Kodam XIII/Mdk (Yonif 712/WT), Kodam XIV/Hsn (Yonif 721/Makkasau Pinrang) dan Kodam XVIII/Ksr (Yonif 761/KA).

Materi yang dilaksanakan pada kegiatan Aswas USJM tingkat regu untuk Satpur 

di bawah Kodam, lari lintas medan jarak 10 km dan long mars jarak 5 km dengan beban ransel 23 kg.

Kepala Dinas Jasmani Brigjen TNI Khairul Anwar M. S.H., M.Tr (Han) turut serta melaksanakan peninjauan ke salah satu Batalyon Satpur Yonif 721/Makassau, dan memberikan arahan dan penekanan kepada para prajurit – prajurit Makassau di dampingi oleh Komandan Batalyon Letkol Inf Andika Ari Prihantoro,.S.E,.M.I.Pol. 

Salah satu penekanan yang disampaikan oleh Kadisjasad adalah  agar prajurit selalu menjaga kebugaran fisik yang prima dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD serta diimbangi pola makan (nutrisi) yang baik, dan sehat serta  istirahat yang cukup agar kondisi fisik tetap prima. 

“Jadilah prajurit profesional yaitu prajurit yang tangguh, tanggon dan trengginas, ” pungkas Kadisjasad.

Pada kegiatan itu pula secara simbolis Kadisjasad memberikan cinderamata sebagai apresiasi kepedulian Komandan Satuan dalam mengoptimalkan latihan weight training, sebagaimana telah diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat. 

Secara umum, penyelenggaraan kegiatan USJM tingkat regu di Triwulan II Tahun 2021 ini, mengalami perubahan yang signifikan, dimana antusiasme dan semangat prajurit lebih maksiamal dengan peran kepedulian Komandan Satuan dalam membina, melatih dan menyelenggarakan setiap kegiatan. (Dispenad)

damanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *