Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Jalin Kebersamaan Babinsa Koramil 1509-01/Bacan Dengan Petani Kopra.

Halsel, radar24jam.com

Babinsa Koramil 1509-01/Bacan Kodim 1509/Labuha Praka Ferry Karamoy melaksanakan komsos dengan petani Kelapa sekaligus membantu petani memanen Kelapa yang merupakan milik dari seorang petani Kopra bernama Bapak Tinus (45) di RT 04 desa Bibinoi Kecamatan bacan timur tengah Kabupaten halmahera selatan.Rabu (02/06/2021).

Pada kesempatan tersebut, Praka Ferry Karamoy membantu warganya dalam kegiatan memanen kelapa di mana mulai proses pengambilan buah,dimana kelapa tersebut akan dijadikan kopra kemudian akan dijual kepada pengempul yang ada di desa bibinoy.

Pemanfaatan buah kelapa yang banyak di daerah binaan dikarenakan struktur geografi desa Bibinoi yang subur sehingga sebagian besar penduduknya merupakan petani kopra,sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membiayai Anak sekolah didapatkan dari hasil penjualan Kopra,

untuk harga kopra perkilo saat ini mencapai Rp 9000,- perkilonya.dan biasa di kirim ke luar kabupaten halmahera selatan,bahkan sampai di bawa ke pulau jawa.

“Berkebun kelapa ini sudah kami laksanakan sejak turun temurun dari Orang Tua kami, selain berkebun kelapa kami juga menanam buah pala dan hasil dari buah pala juga menambah penghasilan kami dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari “Ungkap Tinus”.

“Di kesempatan sama salah seorang petani yang ikut membantu mengatakan. Untuk saat ini harga kopra berkisar Rp 9000,- perkilonya dibanding tahun kemarin Rp 3000,- Perkilonya sehingga kami sebagai petani kopra berharap agar pemerintah bisa memperhatikan dan menjaga harga kopra kedepannya sehingga bisa mensejahterakan masyarakat kecil seperti kami,” harapan Bapak amos

Danramil 1509-01/Bacan Kapten Inf Aga Galela mengatakan,Babinsa tidak pernah jauh dari masyarakat binaannya, oleh karena itu Babinsa harus senantiasa selalu berkomunikasi, bekerja sama dan saling membantu masyarakat binaannya guna menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat di wilayah binaan Sesuai dengan amanah santi aji santi karma yang diemban oleh seorang Babinsa.

Semoga Kehadiran Babinsa di tengah masyarakat,diharapkan dapat memelihara hubungan yang baik khususnya antara TNI dengan masyarakat sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan tugas pokok, katanya.(R24J Halsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *