Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Tradisi Meriam Karbit Tepian Sungai Kapuas Tidak Bisa Di Hilangkan, RETIKA Ikut Meriahkan.

Pontianak(Kalbar), radar24jam.com

Kelompok meriam karbit REMAJA TEPIAN KAPUAS  (RETIKA) kampong Banjar Serasan ikut meriahkan menyambut Hari Raya ‘Idul Fitri 1442 H, hiburan  meriam kerbit, Rabu 12/5/2.

” Dentuman meriam Karbit Tepian Kapuas  balas membalas pada malam hari menyambut Raya Idul Fitri 1442 H. 

Pada sa’at awak Media mewawancara Roy sebagai Ketua Kelompok RETIKA meriam kerbit Kampong Banjar Serasan mengatakan, Sekitar 90 Meriam kerbit meriahkan menyambut hari raya idul fitri 1442 H tahun ini dgn tujuan meriahkan dan hiburan masyarakat kota pontianak. 

Jadi kita tidak sembarangan ikut meriahkan, ini ada SK dari Pak Walikota boleh membunyikan sebagai hiburan walaupun masih dalam keadaan pademi Covid 19, yang jelas  protap kesehatan harus wajib di pakai, “jelasnya.

Kami berharap  mudah mudahan Covid 19 cepat berakhir, agar akan datang bisa lagi di adakan Festival seperti tahun tahun yang lalu. 

Untuk hiburan kami menyiapkan  5 buah Meriam kerbit ukuran besar terbuat dari paralon, hanya untuk hiburan, untuk festival ada ukuranny yang setandar”ujar Roy.

Dikatakan Roy permainan meriam ini sejak datok nenek kami, ini udah jadi tradisi menjadi darah daging. Dulu Kate datok kami sebelum jadi kota Pontianak, bunyian meriam ini untuk mengusir hantu Pontianak dan Waktu itu dengan menggunakan meriam buluh atau bambu. 

Sekarang meriam buluh tidak di pakai lagi, karena sekarang sudah menggunakan kayu balok yang panjangnya lebih kurang 4 (mpat) meter. 

Harapannya mudah  mudahan Covid 19 cepat berakhir,  hingga akan datang bisa lagi bisa lagi adakan festival Meriam kerbit, “ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *