Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Satu ABK MT. Ark Progress Terkonfirmasi Positif Covid-19, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 3 Dumai Sigap Bertindak

DUMAI, radar24jam.com

Sebuah Kapal Tanker MT. Ark Progress asal Kota Pelabuhan New Banglore, India, yang akan sandar di Dermaga sebuah Pabrik Pengolahan CPO di Kelurahan Lubuk Gaung Kec Sungai Sembilan Kota Dumai, terpaksa batal melakukan Loading (Pengisian).

Pasalnya, berdasarkan hasil Swab Test terhadap 22 Anak Buah Kapal (ABK), pada tanggal 28/04/2021 yang di lakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 3 Dumai terhadap Kapal Tanker MT. Ark Progress, di dapat hasilnya satu orang, inisial JR (Lk,52 Th) warga negara India, terkonfirmasi Positif Covid-19.

Mendapat laporan hasil Swab Test sang Nahkoda Kapal Tanker terkonfirmasi Positif Covid-19, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 3 Kota Dumai, Amzal bersama anggota langsung terjun ke lapangan menjemput si Nahkoda Kapal.

Pantauan jurnalis RADARJAKARTA.NET di Dermaga, tampak petugas KKP dengan pakaian Hazard dan Pelindung Diri ketat, menjemput si “Tersangka JR” dari dalam Kapal Tanker yang sedang sandar.
Teknis nya, petugas terlebih dahulu melakukan sterilisasi terhadap seluruh ruangan dan penyemprotan cairan anti virus (Disinfektan) terhadap semua ABK.
Setelah petugas keluar dan menuju mobil Ambulans KKP, sekali lagi petugas dan tersangka sekali lagi disemprot cairan anti virus Disinfektan.
Prosedur penanganan, mulai dari kedatangan petugas KKP pimpinan Amzal, persiapan, penjemputan tersangka hingga membawa tersangka ke RSUD, berjalan lancar dan terkendali.

Demikian pula Koordinasi Tim, Kepala KKP Amzal juga melibatkan Personil Polsek Pelabuhan pimpinan AKP Deddy Novarijal, Polairud pimpinan AKP Yudi Setiawan, SH, MH dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I Dumai.
Kepala KKP Kelas 3 Dumai Amzal saat wawancara RADARJAKARTA.NET usai tersangka di bawa Ambulance, berkata “Si tersangka JR akan segera kita kirim ke RSUD. Di sana petugas RSUD akan segera mengisolasi tersangka untuk 14 hari kedepan,” ungkap Amzal ramah.
Di tambahkan Amzal, seluruh 21 orang ABK Kapal Tanker juga akan menjalani karantina di Kapal.
“Tidak boleh satu orang pun turun ke Dermaga. Ada prosedur khusus bagi mereka,” tegas Amzal menutup.
(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *