Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Ketua BPD: Kehadiran Camat Gane Barat Utara Dan Pithein Girato Di Desa Boso Membawa Konflik.

Halsel, radar24jam.com

Terus Mengawal Konflik antar lembaga BPD Desa Bosso Dan Camat Gane Barat Utara, Ulah dari Camat ingin mengaktifkan Kembali Pithein Girato sebagai Kades Bosso.

Sementara Ketua BPD Minggus M Tou Bantah pernyataan Camat Gane Barat Utara Haris E Arobi bahwa Pengaktifan kembali Pithein Girato Atas Usulan Kami BPD Itu sebua Kebohongan.

Lnjut Ketua BPD kepada Radar24jam.com, Untuk diketahui bersama bahwa BPD ada 5 orang, Akan tetapi yang bertanda tangan di surat pengusulan itu hanya Saya Se’orang dan yang lainnya tidak tahu Karena tidak ada Musyawarah untuk membahas proses pengusulan pengaktifan Pithein Girato sebagai Kepala Desa tersebut.

“Dan saya secara personal dipaksakan untuk tanda tangan dan yang lainnya tidak tanda tangan, Karena Saya Ketua BPD di hubungi via tlp seluler oleh Camat dan pithein Girato kemudian di paksakan dan ditipu hingga pada akhirnya Saya menanda tangani surat pengusulan tersebut”. Ungkap Ketua BPD

Diya Ketua BPD di hubungi melalui via telpon oleh Camat dan Pithein Girato, bahwa tanda tangan saja surat pengusulan yang sudah Kami buat, yakni pengusulan Pengaktifan kembali karena itu berdasarkan permintaan Kabag hukum Pemda Halmahera Selatan.

“Tambahnya Bahwa Camat Gane Barat Utara Haris E Arobi memanggil saya ke kecamatan dan menyampaikan bahwa, Kamu Minggus tanda tangan saja nanti Saya (Camat) yang bertanggung jawab jika terjadi hal hal yang tidak Kita Inginkan, akan Tetapi ketika terjadi sesuatu bukannya Camat bertanggung jawab akan tetapi camat menghindar ke Bacan untuk Menyelamatkan dirinya ke Bacan pada waktu Kamis 29 April 2021 jam 12:30 wit.” Ungkap Minggus M Tou

Dan Minggus M Tou, menambahkan bahwa memang pada saat Perbuatan Pithein Girato dan Marice Tahobi beredar itu pernah ada upaya untuk menyelesaikan masalah pelecehan/Pornografi yang di sengajai oleh Pithein Girato di desa Bosso, akan tetapi hal tersebut diselesaikan tanpa melibatkan tokoh adat dan tokoh agama, kemudian akar masalah yang sebenarnya terkait dugaan kepemilikan foto telanjang tidak dibuka secara jujur kepada keluarga perempuan (suami dan anak.) Karena Saya yakin dan percaya jika ini dibuka maka bisa terjadi konflik yang lebih besar, maka untuk menghindar dari Konflik foto tersebut tidak di buka.

“Bahkan Sekdes Kepada Awak Media Radar24jam.com dan Kami pun sangat tidak menginginkan Pithein Girato Di Aktifkan kembali maka Alangkah Baiknya Pithein Girato di laporkan ke Polsek Gane Barat.” Kata Sekdes (Ibrani Daniel)

Minggus M Tou pun merasa jengkel dengan Camat Gane Barat Utara, menurutnya Haris E Robi hanya menciptakan masalah besar bagi Kami Masyarakat Bosso

Pasalnya Setelah warga desa Boso meminta kepada pemerintah daerah, untuk memberhentikan Pithein Girato dari jabatannya atas perbuatan yang tidak manusiawi yang di lakukannya, namun dikabulkan dan suasana kembali normal.

Tetapi di kemudian hari ketika pergantian Camat Gane Barat Utara Udin.. dengan yang baru, Haris E Arobi di Duga berupaya mengembalikan Pithein Girato yang sudah jelas – jelas bermasalah yang Sangat Berat dan Memalukan.

” Saya sangat jengkel dan tidak ingin lagi kehadiran Camat Gane Barat Utara Yang Baru Karena Camat ini sumber masalah besar bagi Masyarakat Desa Bosso. Dan saya memohon kepada Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba sebagai Torang pe anak yang lahir dari kandungan adat Tobelo – Galela tolong lihat persoalan ini secara jelih.” Katanya

“Semntara 26/April 2021 Awak Media Radar24jam.com kepada Camat gane barat utara di Ruang kerjanya, mengatakan pengaktifan kembali Pithein Girato sebagai kepala desa Bosso berdasarkan usulan dari BPD yang sudah di tindak lanjut ke DPMD” Ujar Haris E Robi

“Dan yang menolak Pithein Girato di aktifkan itu hanya sekelompok orang saja,itu bukan Pemerintah Desa atau BPD, akan tetapi ada Oknum yang mengatur mereka untuk menolak”. Tambah Haris E Robi (Saha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *