Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Pegiat Lingkungan Desak Penegak Hukum Tindak Tegas Perusahaan Tambak Tak Berizin di Pandeglang

Pandeglang, radar24jam.com

Pegiat Lingkungan yang tergabung  dari Relawan Lingkungan (RELLI) Kabupaten Pandeglang angkat bicara untuk mendesak penegak hukum tindak tegas maraknya perusahaan tambak yang tak berizin diKabupaten Pandeglang, Ungkap Ropianyah selaku Koordinator Presidium Relli Kepada Awak media, pada Jum’at (23/4/21). 

Ropianyah selaku Koorpres Relli menyampaikan dalam hal ini penegak hukum khususnya Polres Pandeglang, Kejaksaan Negri dan Satpol PP untuk menindak tegas maraknya perusahaan tambak yang tak berizin atau melanggar aturan. 

Berdasarkan Perda No 02 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Pandeglang pasal 40 ayat (3) poin a. Kawasan perikanan budidaya sekitar pantai barat dan pantai selatan seluas 552 hektar yang berada di kecamatan sumur, cigeulis, panimbang, cikeusik, sukaresmi, cibitung, cimanggu, pagelaran, labuan, carita itu tidak sesuai RTRW Tambak dan tidak dapat diproses perizinannya. 

Dirinya menambahkan dalam lingkungan harus dibedakan antara investor dan eksploitator yang dapat menjadi masalah baru pencemaran lingkungan. 

“Dalam lingkungan harus dibedakan antara investor dan eksploitator, jangan sampai menjadi masalah baru pencemaran lingkungan hanya untuk kepentingan bisnis semata” Tegasnya. 

Ropi juga menambahkan Pandeglang hari ini mengalami krisis ekologi, padahal dalam UU no 32 tahun 2009 Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta PP nomor 22 tahun 2021 sudah jelas mengaturnya. 

“Dalam hal menjaga lingkungan semua elemen butuk bersinergi kolaborasi tidak hanya pemerintah, kita sebagai masyarakat sipil juga bersatu menjaga dan melestarikan lingkungan” ujar Ropi. 

Semua elemen harus bersama-sama mulai dari eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat sipil bersatu membangun kebersamaan dalam menjaga lingkungan. 

Dalam hal ini pihak terkait seperti DPMPTSP, DLH, DPUPR, POL PP, dan penegak hukum lainnya harus tegas dan jangan sampai mandul menegakan peraturan padahal sudah jelas aturannya, tutupnya**(GB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *