Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Wagub Jabar Resmikan SMK Membangun Desa Sinergikan SMK dan Pemerintah Desa

SUMEDANG, radar24jam.com

Belum lama ini Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum kembali meresmikan SMK Membangun Desa. Kali ini, peresmian dilaksanakan di SMKN 1 Sumedang, Jln. Mayor Abdurahman No. 209, Kabupaten Sumedang, Kamis (8/4/2021).

Wagub mengatakan, SMK Membangun Desa sejalan dengan visi misi Pemerintah Provinsi Jabar, “Jabar Juara Lahir Batin” yang di dalamnya ada Desa Juara.

“Kami sering menganekdotkan desa juara dengan ‘diam di desa pendapatan seperti orang kota, bisnisnya mendunia’,” ujar Uu dalam Peresmian SMK Membangun Desa di SMKN 1 Sumedang, 

Melalui program SMK Membangun Desa ini, Uu  berharap, pendidikan tidak hanya bersifat akademis, tapi juga mengedepankan soft skills. Manusia maju yang berakhlakul karimah,” ucap Uu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Jabar, Wahyu Mijaya mengungkapkan, program SMK Membangun Desa hadir sebagai suatu terobosan dalam mewujudkan percepatan pembangunan pedesaan. Oleh karena itu, harus dibangun sinergi yang optimal antara SMK dan pemerintah desa. 

“Sehingga, sinergi ini diharapkan memberikan manfaat untuk lingkungan terdekatnya.

Mengingat, mayoritas SMK di Indonesia berlokasi di pedesaan,” ujar Sekdisdik.

Sekdisdik berharap, program SMK Membangun Desa ini menghasilkan SDM yang berkualitas dan memiliki keunggulan serta qualified (berdaya saing tinggi) dalam berbagai aspek kehidupan, terutama membantu pengentasan SDM desa demi kemajuan dan kesejahteraan desa. 

Sedangkan Kepala SMKN 1 Sumedang, Elis Herawati menyatakan, saat ini SMKN 1 Sumedang telah melaksanakan program SMK Membangun Desa pada 48 Desa-18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Berlanjut dengan satu jenis program, yaitu E-Office. Sebanyak 142 siswa kompetensi keahlian teknik komputer jaringan dan rekayasa perangkat lunak telah diterjunkan,” tuturnya.

Pelaksanaan program E-Office ini, ungkap Elis, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo Sanditik) Kabupaten Sumedang.

“Sekarang dikembangkan lagi sebanyak 20 desa dengan program lebih beragam,” pungkasnya.

Damanik

Kaperwil Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *