Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Program Luar APBDes, Pemdes Taman Indah Jemput Bola

Lombok Tengah(NTB), radar24jam.com

Disadari serius atau tidak betapa kerdilnya nilai anggaran APBDes hinggap tidak hanya berlaku di satu pihak desa saja.Tetapi merata di pelosok desa yang ada di Provinsi yang dijuluki ‘Gumi Gora’. Malahan tidak bisa dipungkiri, anggaran di luar APBDes telah menanti harus dijemput.

Dengan beragam paket program dicanang instansi terkait baik di level Kabupaten, Provinsi, pusat. Lebih lebih lagi aspirasi dewan. Ini terbuka luas bagi yang berhasrat dan sepak terjang hubungan dedikasi politik yang baik. 

Ini bukanlah tabu bagi pemangku penting di pemerintahan. 

Misalnya, Desa Taman Indah, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah. Patut dibanggakan desa yang APBDesnya kurang dari dua miliar. Itu hanya modal nekat, dedikasi dan hasrat membangun. Mampu menembus catur spekulasi yang ada di Dewan Udayana. Malahan dibanjiri beragam paket proyek baik dari instansi kabupaten dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I NTB. 

“Alhamdulillah garapan tahun ini (tahun 2021. Red.) Kita dapat kebanjiran proyek. semua itu bersumber dari luar APBDes,” ungkap Kepala Desa setempat Suhartandi, S.Pd disambangi Radar Metro di kediamannya, Senin (19/4).

Pria yang masih berumur jagung menjabat ini mengaku terobosan dilakoninya berbading lurus dengan hasrat dan harapan masyarakat disadari dulu bermimpi butuh perubahan pembangunan infrastruktur di desanya.

Kini mimpi itu dibalas kenyataan, disebut Suhartandi nama akrab sapaannya. Pekerjaan proyek itu bersumber dari aspirasi dewan udayana berupa infrastruktur jalan dengan lebar lima meter, empat titik lokasi. Antara akses jalan Dusun Salam Syukur, Tunjang Barat, Jarangkong dan Tunjang Timur.

“Sumber aspirasi ini, insya Allah dikerjakan habis lebaran,”jelasnya

Dari sumber lain, lanjut dia, berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten berupa, infrastruktur jalan usaha tani sepanjang 500 meter. Jangkuan dilalui yang bakal digarap setelah hari raya sekitar sepuluh hektar.

Malahan dari dinas terkait juga, tambah dia, tahun garapan yang sama pihak desa diberi proyek pembangunan embung seluas tujuh are. Ini nanti diperkirakan mampu mengaliri delapan hektar lahan sawah tani.

“Saya enggak tahu besarannya berapa. Yang penting kita bersyukur dapat manfaatnya,”tandasnya

Dia melanjutkan, garapan tahun 2020. Bantuan proyek dari BWS NT I Provinsi NTB digelontorkan melalui P3K berupa penalutan irigasi sepanjang 600 meter.

“Ada juga dulu tahun 2020, kita dapat program Pamsimas. Itu berupa sumur bor sekaligus pipanya masuk ke rumah masing masing warga,”paparnya

Ditanya soal penggunaan anggaran APBDes, pria bersahaja dibaluti sikap bawaan santai. Dengan enteng menyebut, alokasinya sesuai peruntukan dari hasil kesepakatan pihak Masyarakat, BPD dan stackholder lainnya.

“Ya, peruntukannya tidak lain pembiayaan PKK, Stunting, Covid 19, kader posyandu dan lainnya.Yang penting ada sedikit infrastruktur dianggarkan Dari DD,”bebernya.

(Ags/Rsl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *