Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Pesisir Ujung Genteng proritas Pembangunan, Destinasi Wisata Tangga Seribu Geopark Ciletuh senilai Rp 5 M terlantar

Sukabumi, radar24jam.com

Sebelumnya Pemerintah tengah mengodok rencana percepatan pembangunan kawasan pesisir selatan Jawa Barat, khususnya Kabupaten Sukabumi. Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) menyebut sejumlah kementerian dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan membangun kota pesisir di Ujung Genteng.

Kota pesisir Ujung Genteng diarahkan menjadi kawasan pariwisata terpadu dengan sektor perikanan dan kelautan serta pertanian. Hal ini diungkapkan Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Dr Maman Abdurrahman ke awak media. Rabu, (10 Maret 2021). 

Menurut Maman, pemerintah berencana membangun kawasan pesisir Kabupaten Sukabumi selain di Palabuhanratu yaitu dan di Ujung Genteng. Ini ditegaskan pemerintah pusat melalui rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kemenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang melibatkan kementerian terkait, Pemkab Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Sudah ada rencana Kemenko Maritim dan Investasi dan kementerian terkait akan menata, mengelola dan membangun kawasan pesisir Selatan Sukabumi. Pak Luhut sangat konsen, pandangannya luar biasa tentang pengembangan pesisir Selatan Sukabumi. Dimulai dengan pengambangan kawasan Ujung Genteng,” ungkap Maman.

Tetapi tidak demikian dengan Kondisi destinasi wisata Puncak Manik yang terletak di kawasan Geopark Ciletuh di Kampung Pasirceuri, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang terbengkalai. Seperti dikutip tempo.co – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana prihatin dengan kondisi destinasi wisata yang disebut sebagai tangga seribu ini.

“Saya sangat prihatin karena tidak ada pemeliharaan aset yang sudah dibangun,” kata Andri pada Jumat, 16 April 2021.

Menurut Andri, pembangunan dan penataan destinasi wisata tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Puncak Manik terletak di kawasan Geopark Ciletuh – Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Dia akan menindaklanjuti kondisi tangga seribu yang terbengkalai ke dinas pariwisata di tingkat kabupaten dan provinsi.

“Ini tidak elok. Geopark Ciletuh – Palabuhanratu adalah kebanggaan warga Kabupaten Sukabumi,” kata Andri Hidayana.

Andri menambahkan, “Kalau terlantar seperti ini, bisa jadi tahun depan sertifikat Unesco Global Geopark atau UGG yang sudah didapat bakal dicabut.”

Andri berharap pemerintah segera memelihara destinasi wisata tersebut, terlebih sebentar lagi akan datang libur lebaran. Sebab itu, destinasi wisata di kawasan Geopark Ciletuh ini tetap dapat dikunjungi karena memungkinkan wisatawan menerapkan protokol kesehatan.

HMH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *