Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Ngabuburit di Tepi Situ Cikedal Bikin Hati Riang

Pandeglang, radar24jam.com

Ngabuburit adalah salah satu tradisi yang identik dengan bulan Ramadhan. Ngabuburit atau tradisi menunggu berbuka puasa ini biasanya diisi dengan kegiatan berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, atau sekedar berkumpul bersama kerabat dan sahabat. 

Kali ini, Ngabuburit di tepi Situ Cikedal yang termasuk salah satu objek wisata di Kabupaten Pandeglang meski sederhana namun tetap bikin hati riang, ungkap Robi Ahdiat asal Desa Babakan Lor Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Sabtu (17/4/21).

“Berdasarkan cerita yang berkembang asal nama Kecamatan Cikedal juga diambil dari nama situ tersebut konon Situ (Danau) tersebut sering dijadikan tempat beristirahat atau pesanggrahan bagi para bangsawan saat sedang melakukan perjalanan dan sering ngedalkeun lisan atau menyampaikan maksud disini,” imbuhnya.

Dikatakannya, Situ Cikedal sangat strategis dijadikan objek wisata karena terletak di jalur utama Pandeglang – Labuan sehingga kerap menarik perhatian pelintas karena letaknya di pinggir jalan raya.

“Jika ke Pantai Carita melalui jalur utama Pandeglang – Labuan, tidak sulit menemukan tempat wisata mini ini. Sebelum memasuki Labuan, kurang lebih 6 kilometer, anda akan melewati sebuah situ yang terletak di sebelah kanan jalan, “imbuhnya.

Namun sayang, Situ Cikedal tidak terlalu terawat. Beberapa titik terlihat semrawut, padahal dengan jalur kendaraan roda dua dan roda empat bisa masuk hingga ke pinggir-pinggir situ. Bagian pinggiran dekat jalan raya bahkan dijadikan tempat parkir mobil besar dan juga terkadang dijadikan penyimpanan tiang-tiang listrik,” terangnya.

Pemerhati pariwisata, Misbakhul Munir, SH.,MH yang juga praktisi hukum mengatakan bahwa sewajarnya pihak pemerintah baik Desa, Kecamatan serta Kabupaten untuk segera memperhatikan aset pariwisata ini. 

“Situ Cikedal ini adalah aset berharga yang harus diperhatikan dan dikembangkan untuk dijadikan destinasi wisata yang menarik untuk para wisatawan,”paparnya Misbakhul Munir yang berdomisili di Cikedal.

Padahal, sambungnya, beberapa tahun lalu, Situ Cikedal sempat menjadi destinasi wisata favorit dengan penataan apik dengan beberapa wahana permainan.

“Memang tempat ini cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit sambil menunggu waktu magrib. Karena suasananya cukup nyaman dan asri, apalagi jika terdapat pedagang makanan jadi ketika sudah waktu magrib tidak kesulitan untuk mencari makanan untuk berbuka puasa,” terangnya.

Setiap sore tempat ini ramai dikunjungi anak-anak muda dan tua untuk sekedar santai bahkan ada juga yang memancing ikan, termasuk saya pun seringkali ngabuburit disini. Untuk itu, diharapkan dengan cepat agar tempat destinasi wisata Situ Cikedal ini segera dikelola dengan baik oleh pemerintah ataupun pihak swasta,”tutupnya. (Iwan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *