Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Jabatan Kadis PMD Kosong, Kepala Desa Sebolmong Keluhkan, Suda Bulan April DD Tidak Bisa Di Cairkan.

BOLMONG, radar24jam.com

 Salah satu Jabatan yang berdampak pada pembangunan daerah yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), saat Ahmad Yani Damopolii digeser sebagai staf ahli Bupati, jabatan Dinas PMD Kosong. Hal ini mendapat keluhan dari sejumlah Sangadi di Bolmong, salah satunya Wawan Bonde Sangadi Desa Doloduo, mengatakan, penyaluran Dana desa (DD), dana bagi hasil (DBH) dan alokasi dana desa (ADD) belum disalurkan karena terkendala jabatan Kadis PMD belum ada.

“Ada beberapa dokumen atau berkas pengajuan DD,DBH dan ADD menumpuk di dinas PMD, ini karena PLT belum ada.
Sebab untuk mengeluarkan rekomendasi penyaluran harus ada tanda tangan dari Kepala Dinas,” kata Wawan.

Kosongnya jabatan Kadis di PMD, kata Wawan, berkas pengajuan yang telah masuk di Dinas PMD tidak bisa berproses.

“Kami sangat berharap segera ada PLT Kadis PMD. Ini berdampak pada pengajuan berkas tersebut, sebab ada Siltap perangkat desa. Perangkat saya sudah keluhkan, apalagi ini momen bulan puasa yang sangat dibutuhkan,” pintah dia.

Anggota DPRD Bolmong Sulhan Manggabarani, mengatakan wajar jika para Sangadi mengeluhkan hal itu, karena ini sudah bulan April.

“DD mampu mendorong peningkatan Ekonomi didesa karena DD 50 persen padat karya tunai harus segera disalurkan,” tegasnya, yang turut didukung oleh Anggota DPRD Satira Manoppo.

Untuk itu, ia meminta kepada Pemkab Bolmong segera mengisi PLT di Dinas PMD Bolmong, agar dokumen pengajuan dari desa  bisa berproses.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Bolmong Isnaidi Mamonto, membenarkan hal itu.

“Iya memang belum bisa jalan karena tanda tangan rekom harus ada PLT. Saya sudah dapat info, SK PLT sudah ada, ini kami lagi tunggu,” ungkapnya.

Meski begitu, untuk penanganan Covid-19 di desa untuk 8 persen sudah otomatis disalurkan.

“Kini beberapa desa sudah berproses di BKD Bolmong selanjutnya disalurkan,” ujar Mamonto.

Untuk saat ini, kata Mamonto, desa yang sudah mengajukan dokumen di Dinas PMD, sekitar 20 desa.

“Memang belum jalan karena Jabatan PLT untuk di Dinas PMD belum ada,” imbuhnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada Kepala BKPP Bolmong Umarudin Amba, mengatakan untuk SK PLT Dinas PMD dan lainnya sudah ditandatangani oleh Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

“Kalo tidak hari ini, kemungkinan besar besok SK PLT akan diserahkan. Jadi untuk PLT tidak ada pelantikan hanya penyerahan SK PLT,” singkatnya. (Hasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *