Radar 24jam

Radar Nusantara Group

PILKADES SERENTAK DI JEMBER JAWA TIMUR AKAN DI LAKSANAKAN BULAN AGUSTUS 2021

Jember, radar24jam.com

Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat bertemu dengan ratusan kepala desa.

Pemilihan 59 Kepala desa di Jember pada tahun 2021, akhirnya mulai terjawab kapan akan digelar, hal ini disampaikan oleh Bupati Jember H. Hendy Siswanto usai menggelar rapat konsolidasi bersama kepala desa se kabupaten Jember di Aula PB. Sudirman.

“APBD baru di tetapkan, tinggal pengesahannya, untuk Pilkades, mulai kemarin sudah mulai di lakukan persiapan-persiapan, termasuk mulai dari anggarannya, dimana untuk pilkades tahun ini, semua didanai dari APBD, dan proses dari sekarang sampai pada pelaksanaanya nanti sekitar 5 bulan, ya kalau dihitung dari sekarang perkiraan digelar pada bulan Agustus mendatang,” ujar Bupati Jember H. Hendy Siswanto.

Hendy menambahkan, sistem penghitungan besaran dana yang diberikan untuk Pilkades, dilakukan secara proporsional dengan memperhatikan jumlah DPS dan TPS, dimana tiap TPS adalah 500 pemilih.

“Dana APBD yang digunakan untuk Pilkades ini nanti, bentuknya Bantuan Khusus Keuangan, dan akan disalurkan ke masing-masing rekening desa yang menyelenggarakan pilkades untuk kebutuhan panita mulai dari Surat suara, kotak suara, kelengkapan lainnya, honorarium panitia dan biaya pelantikan,” beber Hendy.

Dengan pelaksanaan pilkades yang didanai APBD ini, agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan kesempatan untuk maju dalam pilkades, selain itu, dengan biaya sepenuhnya ditanggung APBD, diharapkan bisa menghasilkan pemimpin yang berintegritas.

“Jangan sampai ada suap atau membayar sesuatu dalam pilkades, seperti halnya pada Pilkada lalu, saya dan Gus Firjaun juga tidak mengeluarkan uang untuk proses Pilkada, uang keluar hanya untuk kampanye saja, selebihnya seperti daftar di KPU sampai pada proses pelantikan, semua gratis,” ujar H. Hendy.

Sedangkan untuk sumber biaya protokol kesehatan Pilkades, diambilkan dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Dana Desa (DD) yang delapan persen.

Bupati menyebut, ada sekitar 59 desa di jember yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa. “Ayo jadikan Pilkades ini mudah, jujur, aman dan adil,” harapnya. 

BAMBANG SUGIHARTO ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *