Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Usai Rapat Dengan Pihak Terkait, Wawako Dumai Amris S.Sy : Dumai Belum Siap Operasikan RoRo Dumai—Malaka

DUMAI, radar24jam.com

Niat baik Pemimpin Kota Dumai ingin memiliki transportasi laut, pergi-pulang Dumai-Malaka berupa Roll On-Roll Off (RoRo) tampaknya belum bisa terwujud.
Hal ini di dapat berdasarkan rapat dan peninjauan ke lapangan/pelabuhan penyeberangan, antara Wawako Dumai H Amris, S.Sy, bersama pihak terkait, seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I Dumai, Kementerian Perhubungan Pusat, Kementerian Perhubungan Provinsi dan BUMD PT. Pelabuhan Dumai Berseri (PDB).

Usai rapat koordinasi bersama di ruang rapat kantor KSOP Klas I Dumai di jln. Yos Sudarso no. 09, Kel. Buluh Kasap Kec. Dumai Timur kota Dumai, Senin pagi (05/04/2021), Wawako H. Amris, S.Sy, Ka. KSOP Klas I Dumai Viktor, Ka. Pus Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan Internasional Kementrian Perhubungan M.I Derry Aman, Ka. Bal Pengelola Transportasi Darat Ardono, ATD, MT dan BUMD PT. PDB di wakili Manajer Operasional TM Zalek Usman, melakukan tinjauan lapangan ke Pelabuhan Bandar Sri Junjungan (Sisi Darat) yang di kelola oleh PT. PDB dan Ka. Kantor UPT Pengelolaan Perhubungan Wilayah I Dishub Provinsi Riau Alchoiri.

Tinjauan lapangan oleh para Pejabat ke pelabuhan yang berada di jln. Wan Amir Kel. Pangkalan Sesai Kec. Dumai Barat ini, ingin melihat langsung kesiapan fisik dermaga RoRo dan gedung Terminal Penumpang rencana trayek RoRo pergi-pulang Dumai-Malaka.
“Setelah rapat koordinasi tadi, di lanjutkan tinjauan lapangan ke Dermaga RoRo, di ambil kesimpulan, Dumai belum siap untuk pelayanan RoRo rute Dumai-Malaka,’ terang Wawako H. Amris, S.Sy, dalam wawancara dengan RADARJAKARTA.NET, usai tinjauan lapangan.

Wawako Amris menerangkan, kedepan untuk mempersiapkan rencana RoRo Internasional tersebut, pihaknya akan mengadakan pertemuan sekali lagi dengan Kementerian Perhubungan, terkait persiapan fisik dan ijin.
“Nanti kita akan koordinasi lagi dengan Kementerian Perhubungan. Di sana nanti kita akan bicarakan penyerahan asset  gedung dan dermaga ke Pusat, agar Pusat bisa membangun kembali sesuai Standar Internasional. Demikian pula perijinan. Hal tersebut merupakan syarat bagi Pelayanan RoRo Internasional,” tambah pria berlatar belakang militer ini.
Ka. Pus Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan Internasional Kementrian Perhubungan M.I Derry Aman berkomentar kecewa, saat meninjau gedung terminal penumpang yang di operatori BUMD PT. PDB.
Terlihat sangat jauh dari kata layak untuk Terminal Penumpang Domestik.
“Benar-benar tidak layak untuk Terminal Penumpang Kapal Domestik,” kecewa Derry Aman.
Di tambahkan pria kelahiran Batu Sangkar ini, dirinya merasa heran dengan kondisi gedung terminal penumpang yang melayani rute kapal domestik tersebut.(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *