Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Rombongan Bupati ASGAR Kunjungi Beltim

Garut, radar24jam.com

Bupati Garut -Jawa Barat, H. Rudy Gunawan, beserta rombongan kunjungi Kabupaten Belitung Timur.  Rombongan Bupati Asal Garut (Asgar) disambut Bupati Beltim, Burhanuddin, dan Wakil Bupati, Khairil Anwar, di Auditorium Zahari MZ Kompleks Perkantoran Padang-Manggar, Selasa (30/3/2021), karena rombongan yang cukup ramai, hampir seratus orang, dimana diantaranya 67 orang  kepala Puskesmas se-Kabupaten Garut.

Tampak hadir mendampingi Bupati Beltim  Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB), M Yulhaidir, serta kepala Puskesmas se-Kabupaten Beltim.   

Kunjungan ini merupakan silaturahmi sekaligus tukar menukar informasi terutama dalam hal penanganan angka kematian ibu dan bayi (AKI/AKB) serta keberhasilan Kabupaten Beltim dalam menekan angka stunting.  Termasuk juga, inovasi pelayanan kesehatan, café sehat dan SIGESIT PIS-PK.  

“Tujuan kami ke sini untuk melihat AKI/AKB juga proses penanganan stunting. Di sini (Kabupaten Beltim) kan jadi lokus yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, nah kami liat manajemennya (menurunkan angka kematian ibu), dan ternyata manajemennya bagus,” puji Bupati Rudy.

Rudy mengatakan walau terdapat perbedaan yang mencolok antara jumlah penduduk Kabupaten Beltim dengan Kabupaten Garut, namun akan tiru pola manajemen penanganan AKI/AKB dan stunting Kabupaten Beltim.

“Penduduk di sini berbeda dengan kita, di sini hanya 200 ribuan, kita 2,5 juta. Tapi kan sistem manajemennya sudah bagus di sini kita mau meniru yang di sini,” kata Rudi.

Rudi juga mengungkap kunjungan ke Kabupaten Beltim merupakan kunjungan balasan. Saat Kabupaten Garut terkena musibah banjir bandang, Bupati Beltim kala itu Yuslih Ihza datang langsung untuk memberikan sumbangan senilai Rp 61 juta. “Kami kan saat itu sedang dalam keadaan bencana alam banjir bandang tahun 2016. Jauh-jauh pak Bupati Beltim waktu itu yang datang langsung ke Garut,” ungkap Rudy.

Sementara itu Bupati Beltim Burhanudin menyatakan kunjungan Bupati Garut merupakan yang pertama kali ke Beltim. Fokus untuk studi banding masalah kesehatan di Kabupaten Beltim.

“Kunjungan ini lebih ke silaturahmi dan studi banding masalah kesehatan di Kabupaten Beltim. Kita saling sharing ilmulah terutama di bidang kesehatan,” ujar Pak Aan sapaan akrab Burhanuddin.

Pak Aan sampaikan terima kasih pada Bupati Garut yang mau berkunjung ke Beltim. Dia menilai banyak ilmu yang saling didapat dengan adanya kunjungan ini.

“Kan banyak ilmu yang didapat karena adanya kunjungan ini. Insyallah nanti kita silaturahmi ke sana (Garut-red) juga,” ujar Pak Aan.

Suro/Diskominfo Beltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *