Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Minim Anggaran, Perbaikan Jalan Diwilayah Kabupaten Sumenep, Ini Penjelasan Kadis PU Bina Marga.

SUMENEP, radar24jam.com

Pelaksanaan perbaikan jalan nasional diwilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2021 diprediksi tidak akan maksimal. Pasalnya, minimnya anggaran hanya sebesar Rp 58 miliar, padahal tingkat kerusakannya sangat tinggi.

“Anggaran untuk perbaikan jalan nasional tahun ini kemungkinan besar tidak akan mampu memperbaiki kerusakan jalan secara keseluruhan.

Sejak terjadinya pandemi Corona anggaran belanja modal untuk perbaikan jalan mengalami penurunan yang cukup signifikan”terang kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Ir. Eri susanto M.Si,saat ditemui dikantornya, Selasa (02/03/2021)

Anggaran perbaikan jalan yang biasanya di anggarkan diatas 100 M dari APBD dan DAK kini hanya tinggal separuhnya. 

“karena adanya rekofuseng anggaran kita semakin kecil, sehingga kita hanya dapat memproritaskan perbaikan jalan di beberapa titik, tidak bisa semuanya.

Lebih lanjut Erik menyampaikan, untuk tahun ini belanja modal untuk perbaikan jalan hanya sebesar Rp 58 miliyar yang bersumber dari dana APBD dan DAK. 

Dari dana itu, pemkab hanya bisa memperbaiki 16 titik jalan dan 1 jembatan yang tersebar di wilayah kepulauan dan daratan. 

“Ada 16 titik jalan yang direncanakan dilakukan perbaikan pada tahun ini, 7 titik bersumber dari dana APBD dan sisanya bersumber dari Dana DAK 2021.terangnya.

Erik mengatakan, Anggaran yang digelontarkan tahun ini sangat minim, jika,dibandingkan dengan tingkat kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, pertahun ini saja tingkat kerusakan jalan yang tercatat Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep sudah mencapai sekitar 40 persen.

Sementara, panjang jalan yang menjadi kewenangan kabupaten sumenep sesuai SK Bupati mencapai 1.560 kilometer. 

“tentu kita tidak bisa memperbaiki semuanya. Tukasnya.  (Dy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *