Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Dandim 0106/Ateng: Silahkan Masyarakat Berkebun, Namun Waspadai, Tidak Dibenarkan Membakar Hutan

Takengon, radar24jam.com

Komandan Kodim (Dandim) 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah agar tidak membakar hutan saat membuka lahan untuk berkebun, mengingat saat ini musim kemarau dan angin kencang yang menyebabkan begitu mudah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.
“Silahkan berkebun, siapa saja masyarakat Aceh Tengah boleh berkebun, tetapi tidak dengan membakar lahan, karena dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan”, kata Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Teddy Sofyan saat dikonfirmasi, Minggu (21/02/2021).
Lebih lanjut Dandim menyampaikan apresiasi kepada prajuritnya, Babinsa Koramil/Pame yang bersama Bhabin Kamtibmas telah melakukan pemadaman titik api yang terjadi kebakaran lahan, Minggu (21/02/2021), Pukul 09.30 Wib.
Kebakaran hutan disebabkan oleh seorang warga berinisial MI (32) warga pemukiman Pame, saat membuka lahan dengan cara membakar rerumputan dan ranting kering.

Akibatnya api membesar dan merembet ke lahan hutan di Desa Blang Polim Pemukiman Pame, Kecamatan Rusip Antara, Kabupaten Aceh Tengah.
“Awalnya seorang warga ini membuka kebun, katanya akan ditanami kopi, kemudian setelah rumput yang sudah  dibabat itu kering dan tadi pagi sekitar pukul 20.21 Wib beberapa bagian tumpukan rumput tersebut dibakar dengan tujuan agar lahan nampak bersih, namun masih dalam pengawasan oleh pemilik kebun”.
Kemudian sambung Letkol Inf Teddy Sofyan, tanpa disadari kobaran api semakin membesar dan menjalar ke lahan sebelah, mengingat dahan dan ranting sangat kering karena musim kemarau, ditambah lagi tiupan angin yang sangat kencang sehingga terjadinya kebakaran hutan.
Untungnya warga cepat melapor kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, sehingga titik api cepat dipadamkan. “Ya Alhamdulillah walaupun hanya menggunakan alat seadanya titik api dapat dipadamkan, karena lokasi jauh diatas perbukitan,  kebakaran hutan diperkirakan seluas 4 rantai”, terang Dandim.

Dandim berpesan kepada masyarakat, saat ini memasuki musim kemarau, cuaca panas, sehingga dibutuhkan kewaspadaan untuk saling menjaga terkait kebakaran, tidak dibenarkan membakar hutan saat membuka lahan kebun, dan itu dilarang keras, tegas Dandim Letkol Inf Teddy Sofyan.  
(Toni.Aharuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *