Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Pendiri Rumah Sekolah SMK Swasta Mukomuko, Tersangka Kasus Korupsi

Mukomuko, radar24jam.com

Kepolisian Resor Mukomuko, Polda Bengkulu. telah menetapkan tersangka, terkait pelanggaran pasal 3 dan pasal 9 undang-undang RI Nomor 31 tahun 1999. yang telah diubah dengan undang-undang RI Nomor 20 tahun 2001, Dengan ancaman kurungan 1 Tahun dan maksimal 20 Tahun penjara. Tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. pembangunan Salah Satu Unit sekolah baru SMKS Wahana Bhakti Kecamatan Kota Mukomuko. Rabu, (03/02/2021).

Menurut keterangan Kapolres AKBP. Andy Arisandi, Melalui Kasatreskrim Teguh Ari Aji, S.IK. Saat Jumpa Pers 

Telah menetapkan tersangka dalam dugaan kasus penyimpangan anggaran pembangunan unit sekolah baru SMKS Wahana Bhakti Kecamatan Mukomuko. 

“Indentitas tersangka Tindak pidana Korupsi berinisial RJ,  ketua sekaligus Tim pendiri, serta kepala sekolah SMKS Wahana Bhakti kecamatan Mukomuko kabupaten Mukomuko, ” Jelasnya. 

Lanjut Teguh terkait dengan saksi kami sudah memeriksa saksi sebanyak 29 orang dalam kasus tindak pidana korupsi ini dari proyek swakelola dana yang bersumber dari APBN bantuan Dirjend pendidikan. 

“Untuk kasus tindak pidana korupsi ini tersangka sudah kami tetapkan dan saksi 29 orang sudah kami periksa, mengalami penyimpangan anggaran itu berupa dana Hibah, bantuan dirjen pendidikan yang bersumber dari APBN, ” Ungkapnya. 

Total kerugian Negara yang belum dikembalikan berdasarkan hasil Auditor BPKP perwakilan Bengkulu, bersama tim ahli. Dari dana hibah bantuan dirjen pendidikan untuk pembangunan unit rumah sekolah SMK Itu senilai Rp. 341.220.967,06,-.

“dari hasil Auditor BPKP perwakilan bengkulu beserta Tim ahli, total kerugian negara yang belum dikembalikan senilai Rp. 341. 220.967,06,-.

Sementara dana yang dikucurkan dari Ditjen pusat itu sebanyak Rp. 2.783.886.000.000,” Pungkas Ari Aji. 

Dari kronologis kejadian pada Tahun 2016 lalu, Yayasan Bhakti Raflesia Kab. Mukomuko atau Pemerintah Daerah, mengajukan permohonan Peroposal Bantuan ke Ditjen pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan kebudayaan RI. Karena adanya bantuan pembangunan. proposal ini diajukan oleh pihak yayasan dan Rahmi Jamahaldi, SPd. Ditunjuk sebagai Kepala Dan sekaligus Tim Pendiri. Proposal tersebut diterima serta Acc dengan anggaran senilai Rp. 2.783.886.000.000. Dari anggaran inilah pembangunan unit sekolah SMK baru. (Dmn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *