Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Jelang Panen Raya,Warga Petani Sawah Desa Suli,Kekurangan Sarana Alsintan

Parimo, radar24jam.com

Menghadapi musim panen tanaman padi sawah,petani di desa Suli Kekurangan alat mesin Pertanian ( Alsintan ) 

Alsintan yang masih kurang berupa mesin tanam dan alat pemanen ( Combine).

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Suli I Wayan Sugita kepada media Online www.radarnusantara.com 30/1/2021 saat meninjau padi sawah miliknya yang siap panen didampingi Ibu Kades Ni Luh Sudani.

Keterbatasan Alat mesin tanam dan  alat pemotong padi saat panen raya,hanya menggunakan alat kontrak dari daerah luar Kabupaten Parigi Moutong.

Meskipun Bantuan dari Dinas Pertanian Parimo sudah ada berupa hand traktor,namun alat yang masih kurang yaitu mesin tanam dan alat pemanen( Combine)  sehingga berakibat berkurangnya Pendapatan Asli Desa,karena harus dibagi hasil dari alat yang dikontrak.

Jika ada ketersediaan sarana peralatan kata Sugita  dapat mengurangi beban biaya ditingkat petani karena hasil yang dikeluarkan lebih ringan,sebab hasil panen petani akan   dibagi lagi dengan Pemiliki alat yang dikontrak.

Dia menjelaskan Kalau ada alsintan  milik Desa lebih memudahkan petani sawah saat panen,tidak tergantung dari alat dari luar Daerah yang dikontrak oleh petani”tuturnya.

Selain itu kata Sugita Dari awal Menanam padi dilakukan secara serempak oleh kelompok Tani yang ada diwilayah Desa Suli,juga dipanen serentak secara bersamaan otomatis,membutuhkan alsintan yang cukup memadai.

Untuk petani Desa Suli dari Sarana irigasi sudah   memadai,jalan antar Desa,sebagian sudah terbuka untuk memudahkan tranportasi ditingkat masyarakat.

Sementara kata Sugita fasilitas penunjang berupa Gilingan padi sudah ada 7 unit dimasing-masing Dusun yang ada,sedangkan pelayanan kesehatan masyarakat masih terkendala dengan jalan penghubung menuju kepuskesmas Induk didesa Balinggi jati dari arah selatan mencakup lima desa yaitu Desa Suli,Suli Indah,Braban,Catur Karya dan Desa Balinggi.

Untuk diketahui kata Sugita Luas areal persawahan desa Suli yang siap panen 600 hektar,dengan jumlah penduduk 2021 jiwa dan 633 KK yang sebagian besar sebagai petani padi sawah

“Kami sangat berharap kepada pemerintah melalui instansi teknis terkait,agar dapat memberikan solusi demi keperluan baik dari sisi kesehatan warga masyarakat maupun keperkuan pertanian yang ada dilima desa tersebut”ungkapnya.

Sidik Usman Hamzah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *