Radar 24jam

Radar Nusantara Group

Bea dan Cukai Dumai Lakukan Penindakan Obat-obatan dan Limbah Alkes Sarung Tangan Impor

Bea dan Cukai Dumai Lakukan Penindakan Obat-obatan dan Limbah Alkes Sarung Tangan Impor

Dumai : Radar24jam.com

Wabah virus Covid-19 yang masih saja belum menunjukan tanda-tanda akan mereda, menjadikan tenaga kesehatan berada di garda terdepan dalam menghadapi ganasnya virus yang sangat mematikan manusia tersebut. 


Kerentanan terpapar, di buktikan dengan data bahwa dilapangan jumlah kematian tenaga kesehatan terus bertambah, seiring bertambahnya jumlah kasus Covid-19.

Merupakan aset bangsa yang harus dijaga dan diselamatkan.
Sebagai masyarakat, adalah sesuatu yang wajar bila kita mengucapkan terimakasih kepada tenaga medis yang sudah mengabdi selama 24 jam sehari.


Kalau bukan para tenaga kesehatan yang berada digarda terdepan menghadapi virus corona, siapa lagi ?

Kita sebagai warga masyarakat wajib turut menjaga keselamatan mereka.
Selain disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah, kita bisa memastikan mereka terlindungi dengan memakai alat kesehatan (alkes) yang memenuhi standard keselamatan dan kesehatan.


Tragisnya dimasa yang sangat sulit ini, ada sebagian masyarakat yang tega memanfaatkan kesempatan untuk mengambil keuntungan. 
Entah karena tergiur bisnis atau sebab lainya, beberapa orang tega mengabaikan kesehatan orang awam.


Jumat (15/01/2021) sekira pukul 02:00 WIB, petugas Bea dan Cukai Dumai, berhasil mencegah dan menindak masuknya barang barang berupa Alat Kesehatan (Alkes), berupa sarung tangan karet, yang kemungkinan tidak layak pakai (bekas). 


Berhasil pula dicegah berbagai jenis obat-obatan.
Ke semua barang tersebut dibawa menggunakan 4 unit kendaraan truk. 
Penindakan dilakukan di Jln. Lintas Sumatera, Kec. Bangko Pusako, Kab. Rokan Hilir. Kesemuanya, diduga barang impor yang tidak mengindahkan ketentuan kepabeanan.


Adapun kronologis kejadian adalah sebagai berikut :
1. Pada Kamis (14/01/2021), Bea Cukai Dumai mendapatkan informasi tentang adanya kapal yang sedang melakukan aktifitas pembongkaran barang impor di sekitar Rokan Hilir, Provinsi Riau.

2. Menindaklanjuti informasi tersebut, sekitar pukul 21.00 WIB Tim surveilance menuju lokasi pembongkaran tuk memastikan kebenaran informasi.


3. Hingga akhirnya sekitar pukul 21.45 WIB petugas menemukan dua truk yang dicurigai. Kemudian petugas melakukan pembuntutan terhadap kedua truk tersebut, sembari terus melakukan koordinasi.

4. Pukul 01.30 WIB Jumat (15/01/2021) truk tersebut ber istirahat dan kemudian bergabung dengan 2 truk lainnya disekitar Jl. Lintas Sumatera, Kec. Bangko Pusako, Kab. Rokan Hilir.


5. Pukul 02.00 WIB, Tim Bea Cukai Dumai bekerja sama dengan POM AL Dumai melakukan pemeriksaan terhadap mobil truk tersebut, dan mengamankan 4 (empat) unit truk beserta barang muatannya.

6. Berdasarkan pemeriksaan, barang muatan didalamnya berupa obat-obatan yang diduga ilegal, serta limbah alkes berupa sarung tangan bekas.
Atas temuan dugaan pelanggaran, petugas Bea Cukai Dumai melakukan penyegelan dan penahanan terhadap barang dan sarana pengangkut, serta 7 (tujuh) orang yang mengangkut barang-barang tersebut.


Selanjutnya dibawa menuju Kantor Bea Cukai Dumai guna pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut.
Saat ini terhadap 2 (dua) truk dengan muatan 201 (Dua ratus satu) karton obat-obatan telah diserah terimakan ke BPOM Pekanbaru untuk penanganan lebih lanjut.

Sementara terhadap 2 (dua) truk dengan muatan 550 karung, berupa limbah sarung tangan latek proses penelitian, berkoordinasi dengan Tim Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *