Radar 24jam

Radar Nusantara Group

TUGAS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PJ. KADES DIPERTANYAKAN.

Ubulussalam : Radar24jam.com

Sepengetahuan publik, seseorang yang berprofesi sebagai Guru memiliki tugas pokok untuk mentransfer ilmu yang dimilikinya kepada anak didik yang berada dalam bimbingannya.

Selain itu, bila seorang Guru sudah mapan mengajar dalam kurun waktu yang ditentukan dalam UU Sisdiknas serta memiliki sejumlah persyaratan kelayakan menjabat sebagai Kepala Sekolah, barulah diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah.

Tugas sebagai Kepala Sekolah itu sendiri menyusun program serta membimbing para guru dan siswa sehingga proses kegiatan belajar mengajar mencapai mutu pembelajaran yang di inginkan.

Di Kota Subulussalam ada hal yang patut dipertanyakan, yakni Kepala Sekolah diberi tugas tambahan sebagai Pejabat Kepala Desa. Terlepas dari boleh atau tidaknya seseorang ASN rangkap jabatan, pemberian tugas tambahan kepada Kepala Sekolah sebagai Pj. Kades sudah barang tentu berpengaruh kepada layanan pendidikan di satuan pendidikan yang dibinanya. Demikian obrolan segenap masyarakat yang terpantau oleh awak media pada hari Jumat, (8/1/2021).

Ada 2 Pj. Kades berasal dari Kepala Sekolah yang dilantik oleh Walikota Subulussalam pada hari Kamis, 7/1/2021, yakni  Saudara Sami’un Kepala SDN Muara Baru Batu sebagai Pj. Kades Muara Batu Batu Kecamatan Rundeng dan Harianto SDN SP III Darul Aman Ginasing sebagai Pj. Kades Sikerabang Kecamatan Longkib.

Memperhatikan gerak langkah program Disdikbud Kota Subulussalam dalam rangka meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan di Kota Subulussalam, pemberian tugas tambahan kepada Kepala Sekolah juga sebagai Pj. Kades sedikit bertolak belakang dengan Visi Misi pencapaian target yang tengah diupayakan oleh Disdikbud Kota Subulussalam.

Untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, Kadisdik Kota Subulussalam sengaja memberikan piagam dan hadiah bagi Kepala Sekolah  yang berprestasi dengan tujuan untuk memotivasi para Kepala Sekolah serta segenap guru untuk berlomba menjadi Kepala Sekolah dan Guru terbaik bagi anak didik di satuan pendidikan baik ditingkat SD maupun SMP.

Menyikapi obrolan masyarakat Kota Subulussalam yang peduli terhadap dunia pendidikan, alangkah eloknya bila Walikota Subulussalam mengkaji ulang kembali pemberian tugas tambahan kepada Kepala Sekolah juga menjabat sebagai Pj. Kades, agar ASN bersangkutan fokus pada satu tugas yang diembannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *