Radar 24jam

Radar Nusantara Group

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BUDAYA IKAN IKAN LELE SISTEM BIOFLOK.

Aceh Singkil : Radar24jam.com

Pemberdayaan masyarakat melalui budaya ikan lele sangkuriang gagal panen dikarenakan tidak adanya tenaga teknis penyuluh.

Ketika awak media Radar24jam.com mengkonfirmasi, Kepala Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Pak Selamat, Sabtu, 9/1/2021, menyebutkan, adanya perencanaan melalui musyawarah dengan masyarakat dalam pembuatan Bioflok sebanyak 10 unit.

Dari dana APBN Dana Desa Kampung Baru, Singkil utara, Aceh Singkil, adapun Bioflok ini dibangun pada tahun 2019 yang lalu. Kami sudah berupaya semaksimal mungkin dalam 1 kolam bulat itu isinya mencapai 5000 bibit ikan lele.

Berarti 10 kolam kami isikan sebanyak 50.000 bibit ikan lele cukup pakan. Sekitar 3 sampai 4 Bulan kemudian kami panen, dan hasil panennya hanya berjumlah 150kg. Jelas merugi, jadi untuk sementara kolam tersebut kami tunda dulu untuk kelanjutannya.

Menambahkan mengenai kolam Bioflok ini saya juga sudah melaporkannya kepada Bapak Camat. Dalam beberapa hari lalu, Pak Camat Singkil Utara mengatakan pada saya, bahwa, kita akan meminta tenaga ahli dari pihak Dinas Kelautan dan Perikanan agar kolam dapat bermanfaat dan kembali dikelola oleh masyarakat setempat secara berkelompok. Itulah hasil yang saya dapat arahan dari Pak Camat Singkil Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *