Radar 24jam

Radar Nusantara Group

LP3BH Serius Usut Kematian Maurid Frasawi di Aifat, Kabupaten Maybrat

Papua Barat,

Sebagai tindak lanjut dari diterimanya laporan dan pengaduan dari keluarga korban Maurid Frasawi yang diduga tewas akibat peristiwa tindak pidana pembunuhan di Kampung Faitswe, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat, 25/11/2020 lalu. 

Selanjutnya Divisi Pelayanan Hukum Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari telah melakukan langkah pendampingan terhadap keluarga korban di Satuan Reserse Kriminal (Sat.Reskrim) Polres Sorong Selatan pada Senin, 28/12/2020. 

Advokat Thresje Juliantty Gasperz dari LP3BH Manokwari telah mendampingi Saudara Yonas Kocu sebagai saksi pelapor saat itu. Ternyata Polres Sorsel telah melaksanakan tahapan awal berupa pembuatan laporan polisi nomor : LP/164/XI/2020/Res.Sorsel, pada tanggal 26 November 2020. 

LP tersebut dibuat oleh Yonas Kocu dan Polres Sorsel telah menetapkan seorang tersangka atas nama Orgenes Karath. Sesungguhnya hal tersebut tidak memuaskan pelapor Yonas Kocu dan keluarga yang memandang bahwa  pembunuhan terhadap korban Maurid Frasawi diduga keras melibatkan lebih dari 1 (satu) orang pelaku. 

Untuk itu LP3BH akan terus melakukan pendampingan hukum kepada keluarga korban Frasawi-Kocu untuk menghadirkan saksi dan bukti-bukti yang menunjuk pada adanya dugaan pembunuhan berencana dan dilakukan secara bersama-sama sebagai dimaksud dalam rumusan pasal 351 Jo pasal 340 Jo pasal 55 KUH Pidana. 

Selain itu, LP3BH juga mendesak penyidik Polres Sorsel untuk memenuhi prosedur pemeriksaan hukum terhadap saksi seorang anak berusia 11 tahun. Pendampingan mana harus diberikan oleh pihak Departemen Hukum dan HAM serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak di Kabupaten Sorong Selatan. Bahkan LP3BH telah mengajukan permohonan perlindungan bagi saksi tersebut sesuai prosedur hukum yang diperlukan.

Tuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *